2009_03_09 Nasi Kalong Jln Riau Bandung


Nasi Kalong Jln Riau Bandung


Ada ada saja cara orang melariskan dagangannya. Baru saja posting soal Rawon Setan, sekarang ada Nasi Kalong yang notabene dibuka dengan jam jam malamnya.


Ini nasi khas banget. Nasinya ada 2 pilihan yaitu Nasi putih dan Nasi Hitam. Nasinya diberi bumbu kluwak, sehingga warnanya hitam dan berasa khas. Mirip ama warna kulit kalong (kelelawar) yang item punya, tapi minus rasa kulit kalong yah .. hi hi hi.


Lauk pauknya juga ngga kalah asoy. Kita bisa milih lauk, mulai dari kering tempe, telur orak-arik, Ayam Kalong, Ayam bumbu madu, sambal daging, ampe buncis bakar yang rasanya khas. **obrolan angkring



Kerumunan penikmat Nasi Kalong


Nasi kalong ini dapat ditemui di Jln Riau Bandung, pelataran parkiran China Emporium FO. Kerumunan yang memakan antrian pengunjungnya ini dibuka pukul 20.00 malam hingga pagi *sehabisnya kali ..* Tapi sebelum jam 20.00 mulai berdentang, warung ini sudah mempersiapkan hidangan prasmanannya diluar dan antrian pun memanjang.


Dan si Engkoh alias Pak Martin yang masih masak semua masakannya... kadang langsung di masak di depan para tamu...seperti model Open Kitchen tapi ala warung...dan tidak pakai MSG begitu klaim Pak Martin. **visit bandung



Aku dan suami memilih meja romantis di bawah bintang bintang malam. Banyak juga yang rela berdiri menanti pengunjung yang sudah bersantap bubar dan segera digantikan posisinya. Kebanyakan satu orang berjaga di meja, sementara lainnya mengantri makanan.


Yang paling sip adalah udang kremesnya. Itu udang kecil yang digoreng kering dan ada kremesnya. Lalu Jambal Rotinya, Telor Prudul *seperti telor orak arik*, dan Ayam Kalongnya *seperti ayam goreng kecap*





Didalam ruangan pun berderet beberapa bangku dan meja. Namun bila hujan sudah reda, tentunya pemandangan di luar lebih cantik dipayungi angin malam ... aih aih how romantic.


Makanan yang disajikan tak seberapa berbeda. Aku sempat mengintip sedikit, ada tumis buncis yang menggugah selera malam itu.



Seperti makanan rumahan biasa bukan?



Gambar diambil di sini


Tapi soal rasa, bolehlah .. jempol! Untuk ukuran perut lapar, hidangannya bener benar nikmat. soal harga pun so so, bukan ukuran kafe, juga bukan ukuran warung biasa. Bisa menjadi alternatif hidangan ketika berbelanja di jln Riau. Daripada melancong ke resto lain yang sudah tertahan macet duluan di jalanan Bandung nan super macet.


Pemilik Nasi Kalong, Martin, mengemukakan bahwa awal dibukanya warung nasi ini menggunakan nasi biasa. Kemudian, dengan bermodalkan kursus memasak, dia meracik nasi dengan berbagai bumbu hingga menghasilkan nasi kalong ini.


"Padanan yang dipakai disini tergolong sehat, misalnya daun salam dan kluwek. Kluwek itu mengandung anti oksidan, dan daun salam yang menimbulkan efek warna hitam pada nasi," jelas Martin. **detik bandung


Nasi kalong ini, lanjut Martin, bermanfaat bagi kesehatan. Tingginya kandungan serat membantu lancarnya pencernaan. Selain itu, nasi dengan kandungan serat tinggi akan lebih lama dicerna. Nasi biasa dicerna dalam 4 jam, sementara nasi serat tinggi butuh 6 jam. "Jadi tidak akan cepat lapar lagi kalau makan nasi berserat tinggi," tambahnya.


Menemani nasi hitam ini, tersedia aneka lauk pauk yang diakui Martin beberapa diantaranya merupakan hasil racikan sendiri juga. Tersedia 20 sampai 25 variasi menu, misalnya ayam madu, gepuk, ayam lemon, kentang keju, kacang tempe dan ada juga jengkol. Lauk jengkol ini, ungkap Martin, disediakan karena banyak yang meminta.


Bahan Nasi Kalong: **Resep Nova
250 gr beras, cuci bersih
25 gr havermut
350 ml air
2 bh kluwek, ambil isinya, haluskan
1 sdt garam

Buncis Bakar:
200 gr buncis muda, potong 2 cm
1 sdm minyak
2 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm kecap asin


Ayam Madu:
1 daging ayam tanpa tulang, potong kotak 2 cm
2 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm madu
100 ml air
½ sdt garam
100 gr tepung terigu
minyak untuk menumis


Pelengkap :
Dendeng Manis
Sambal Kornet
Gulai Jengkol
Tahu Bumbu Kecap
Telur Orak-Arik
Kering Tempe


Cara Membuat:
1. Didihkan air, garam, dan kluwek hingga mendidih. Masukkan beras, masak sambil sesekali diaduk. Tambahkan havermut, masak hingga air terserap. Kukus sampai matang.
2. Buncis bakar: tumis bawang putih sampai harum dengan api besar. Masukkan buncis dan kecap asin. Aduk hingga layu. Angkat.
3. Ayam madu: ungkep ayam, bawang putih, madu, dan garam. Setelah berubah warna tambahkan air, masak hingga matang. Angkat, gulingkan di tepung terigu. Goreng hingga matang.
4. Hidangkan nasi kalong panas dengan buncis bakar, ayam madu, dan pelengkap lainnya.

Untuk 4 orang


Related Posts:
** Nasi Kalong
** Nasi Kalong Bersantap Tengah Malam
** Resep Nasi Kalong

3 Fans Berat:

reni mengatakan...

Wah..., lengkap dg resepnya..!!
Mbak Kuyus udah pernah nyobain utk praktek bikin sendiri ?

Kuyus is cute mengatakan...

@ Mbak Reni:
He he .. belum mbak ..
kalau nyicipin, aih, ketagihan dech .. he he ..

aplikasi android mengatakan...

beuhh... jadi pengen nyicip ....