18

2011_06_08 Tepat 32 Minggu





Lama juga, aku tidak menulis lagi di blog ini. Banyak hal yang terjadi .. banyak hal yang berubah. Kegiatan ku pun makin terisi dengan istirahat panjang dan nafsu makan yang mulai menurun.


Sementara aku mencoba membunuh banyak waktu luang, dengan membaca buku, browsing dan edit-edit foto lama, kini aku mulai mengurangi aktivitas mobilisasiku. Dan tertahan di rumah sakit-bedrest. Awalnya karena panas dan demam, hingga aku dirawat di rumah sakit seminggu. Cerita selengkapnya bisa klik di sini


Seminggu setelah itu, fisikku mulai membaik. Dan aku banyak menghabiskan waktu 4-5 hari untuk beristirahat total. Karena aku sendiri juga sudah mulai cepat lelah. Dan hanya nyaman dengan posisi tiduran. Namun, tak lama setelah itu, aku melakukan regular kontrol, dokter menemukan sesuatu yang berbeda. Tapi pusar babyku kecil. Sehingga asupan makanan pun sedikit yang terserap. Pertumbuhan babynya agak lambat, dan aku melakukan beberapa test untuk memantau kondisi sang baby.

Disitulah awal bedrestku kini. Sedari 5 Juni 2010 kemarin. 
Dokter sendiri tidak menyarankan aku untuk total tiduran, apapun aktivitasnya, jalankan, selama itu membuat sang ibu merasa nyaman. Alhasil, aku bawa komputerku, sehingga tak terlalu membosankan berada di rumah sakit.


Perjuangan terberatku saat ini, adalah makan !!
Huahhhh ... perut sudah begah, liat makanan gak nafsu. Kalo dipaksain .. jadi muntah sampai 3x. Hadeuh .. dokter menyarankan untuk makan sedikit-sedikit asal sering. Tapi "polisi di rumah" melotot saja ... supaya aku menghabiskan makanan. Hahaha ... sutress berat ..
Kalau untuk minum, rasanya lancar saja. Entah kenapa giliran makan, paling susah sedunia.


Jadi setiap makan, aku dorong dengan minuman yang manis-manis, seperti air kelapa muda, sirup atau air hangat. Posisi tidur pun sudah mulai tak nyaman lagi. Ke kiri salah, ke kanan salah, terlentang pun tak bisa lama.


Perubahan demi perubahan ini, ingin kucatat setiap hari. Supaya aku bisa mengenang masa-masa indah, suatu saat nanti. Tapi selera menulisku tak sebagus seperti dulu, terutama ketika badan mulai terasa linu dan berat. Haha ... Belum lagi bila perut terasa gatal, namun tak bisa digaruk, apalagi diusap, karena akan menimbulkan kontraksi.


Namun bagaimana pun juga, aku bersyukur bisa menikmati tiap detik perubahan yang terjadi. Lengkap lah sudah rasanya menjadi seorang wanita dalam pernikahan. Menjadi seorang ibu dan memeluk sang buah hati. Merangkulnya, mendengarkan keluhannya, mengajaknya bermain, melindungi dan menjaganya. Menikmati saat-saat ia terlelap .. dan membuka matanya dengan hanya melihatku seorang. Tuhan Maha Segalanya ... Semoga kesehatan, kemudahan dan kelancaran itu menjadi bagian dari persalinan kelak ... Aamiin ..

Selengkapnya...

10

2011_03_02 Tepat Usia 18 Minggu

Tiada hari tanpa menghitung minggu ..
Kalender pun tak pernah kosong oleh coret coretan tiap minggunya. Dan perkembangan lagi perkembangan selalu dicocokkan dengan apa yang tertulis dengan artikel di internet. Sekalipun tak selalu sama.

Kali ini, perutku terlihat lebih besar. Kemaren, aku coba jalan jalan menggunakan rok karet panjang. Sexy sih ... dan menarik mata untuk melihatnya. Tapi aku jadi risih sendiri jadi perhatian orang, walau senang juga dalam hati. Haha ... plin plan ya?

Rasanya aku lebih suka menggunakan rok. Melangkah terasa lebih bebas .. sekalipun untuk duduk aku sudah tak senyaman dulu ..

Inilah kenikmatan yang kurasakan ketika hamil. Alhamdulillah .. rasanya hidupku mulai terlengkapi oleh prosesi kehadirannya. Rasa rinduku kian dekat setiap kali melakukan usg dan melihat mungilnya calon buah hati itu di rahimku. Terkadang aku masih tak percaya, keajaiban ini telah dianugerahkan NYA, untukku. Amanat yang tak terhingga untuk kujaga dan kubesarkan hingga besar dan mandiri.

Waktu berjalan hingga 9 tahun, dan kali ini aku harus bersabar menanti buah hatiku cukup sehat untuk terlahir selamat dan sempurna tak kurang suatu apa. Padahal sejumlah hayalan dan banyak cerita telah terngiang dalam lamunanku. Ketika bangun pagi, ketika dikenalkan dengan music music ringan dan ceria, ketika merasakan hangatnya pelukan ayah ibunya serta orang orang terdekatnya. Ketika dibelikan mainan kesukaannya, atau sekedar mendengar ibu mendongeng hendak tidur.

Agh Tuhan .. tahun ini menjadi yang terindah dalam hidupku. Ohya .. sudah bisa apa saja ya dede kecilku, di usia 18 minggu ini? Klik link berikut ini, dan temukan banyak informasi disana.

Di trimester kedua ini perut anda akan mulai kelihatan membesar dan dunia luar akan menyadari kalau anda akan menjadi calon ibu baru. Trimester kedua dianggap sebagai masa kehamilan yang terbaik sebab anda akan merasa lebih nyaman saat ini. Perut anda belum terlalu besar anda masih dapat melakukan aktifitas sehari-hari, dimana Rasa mual, lemas, dan keluhan lainnya pada trimester pertama akan hilang, bahkan anda merasa lebih energik saat ini.**Bibilung

Pada hasil USG, selain gambar janin, terdapat tabel-tabel atau angka-angka yang diukur dari 
pengukuran dokter terhadap tungkai lengan, kaki, dan diameter kepala. Itu semua bisa menghasilkan rumus yang menunjukkan berat janin. Nah, ini sebenarnya tak ditujukan untuk orang awam, hanya dokter yang bisa membacanya.


Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih lengkap tentang USG, dr Febriansyah Darus, SpOG dari RSIA Hermina Jatinegara, Jakarta membeberkannya.**Infogue

Selengkapnya...

9

2011_02_25 17 Minggu Sudah ..


17 Minggu sudah usia kandunganku ..
Dan hari hari banyak kuhabiskan dengan beristirahat di rumah. Sekalipun begitu .. tak terbersit keinginan untuk mulai menulis lagi. Semua tenggelam oleh rasa mual, muntah dan perubahan suasana hati yang sangat cepat berganti.


Awalnya kuhabiskan dengan menonton tv saja. Sambil bermain chatting dengan teman temanku, yang banyak mengumbar tawa dan sejenak melupakan rasa bosan beristirahat serta perasaan mual. Lama lama .. bosan juga .. haha.
Alhasil aku mencoba membaca buku. Wew, tak juga menarik perhatianku sampai selesai. Selebihnya kuhabiskan dengan istirahat, tidur. Sedikit perutku kenyang saja .. rasa kantuk sudah mampir mengajakku bermimpi.


Banyak perubahan yang kualami selama menjalani masa masa kehamilanku. 
Diantaranya? 

Males mandi dan males dandan. Haha .. kalau pagi pagi sudah mandi, .. siap siap saja kantong plastik atau bolak balik ke kamar mandi, MUNTAH. Ya muntah angin kalau belum sarapan. Tapi kalau sudah sarapan, muntah isi makanan yang baru saja dilahap. Sedih deh ..
Bukan soal mualnya atau muntahnya .. tapi kalau kondisinya begini, tentu nafsu makan akan menurun khan? Lalu dedenya makan apa?

Malah terkadang kuhabiskan sehari tanpa mandi. Rasanya tak ada apa apa. Seperti biasa saja. Yang penting makanan bisa masuk dengan baik.


Akhirnya makanan terakhir yang dipilih bila mual/muntah, hanyalah buah saja untuk seharian. Jangankan susu, menyeduh susu saja sudah 'huek huek' ... hehe ..


Aku yang biasanya gesit, rapi rapi dan bebenah, kali ini tak kuasa. Membiarkan semuanya sedikit berantakan. Untung suamiku mau membantu mencuci piring dan sedikit bebenah ..
Hanya aku yang merasa tak enak, walau terharu juga melihat usahanya membantuku.


Untuk urusan dandan?
Dulu aku selalu rapi menggunakan jilbab. Dengan paduan warna yang serasi dengan pakaian yang dikenakan. Namun kali ini, asal menutupi aurat saja sudah cukup. Terutama ketika bepergian ke dokter untuk kontrol, aku benar benar cuek banget. Tanpa alas bedak, tanpa bedak pun tanpa lipstik. Ha ha ha .. anehnya, aku cuek saja ..


Saat ini, kondisi mual yang dulu banyak menghantui, mulai berkurang. Sedikit sedikit masih ada. Terutama kalau melapar, kekenyangan atau menyeduh susu. Tak apa ... toh urusan makanan masih bisa kulahap, selama itu memang kusuka. Tapi kebiasaa mandi pagi berubah menjadi mandi siang, bahkan sore. Hahaha ... aku tak mau mengambil resiko muntah muntah lagi yang mengakibatkan hilang sudah nafsu makanku hari itu.


Lain bila mengharuskan bepergian pagi pagi, maka aku stok makanan untuk malamnya. Atau aku beli sarapan pagi pagi dulu. Setelah perut terisi, baru aku coba untuk mandi. Mual sih pasti ... tapi mudah mudahan muntahnya tidak !!


Apa saja makanan kesukaanku?
Hihi ... terutama yang pedas pedas. Awalnya aku gak pernah suka pedas. TAPI .. kali ini, aku suka sekali. Tak selalu aku turuti memang, hanya saja bila mual sudah berada di pangkal leher, aku harus mencari makanan yang pedas, agar ada asupan makanan yang masuk. Kalau tidak ... wew, tak satupun makanan bisa kulahap dengan baik.


Seperti sate padang, makanan padang, lele saos padang, .. bakso dengan sambalnya .. hahaha
Namun sekarang aku banyak mengurangi sambal, soalnya mualnya sudah berkurang.


Perutku mulai terlihat membuncit saat ini. Rasa bahagia bergumul ketika aku mengenakan pakaian pakaian lamaku yang berukuran lebih besar. Ya .. aku memang suka "menyetok" pakaian besar, untuk persiapan. Karena aku tahu bila kondisi seperti ini terjadi, aku bahkan tak akan punya waktu lagi untuk pergi berbelanja dan mencari baju. Untuk jalan jauh saja, aku cepat lelah. Tak kuat berdiri lama, seperti orang mau pingsan, sampai sampai suamiku membeli kursi kereta yang bisa dilipat dan dibawa kemana mana.


Rasanya bangga memberitahukan kepada dunia bahwa aku hamil. Walau suara hati kecilku selalu menasehati untuk tidak takabur dan sesumbar. Perjalanan masih panjang, dan ini bukan saatnya untuk berpamer pamer. He he ..

Aku pun sudah banyak berkomunikasi dengan si buah hati. Mendengarkan alunan ayat ayat suci, serta lagu lagu relaksasi yang menentramkan hatinya. Sambil mengusap usap perutku yang kian blendung ..
Rasanya bahagia tiada tara ..
Selengkapnya...

10

2011_01_19 LIFE IS MIRACLE

Selamat pagi sahabat ...
Tepat pukul 09.10 pagi ini, aku ingin kembali menulis seperti halnya dulu. Waaaaaa ... sudah berapa lama aku tidak melakukan itu? 23 May 2010 ... sudah 8 bulan berselang.
Kemana saja aku selama itu?


Tak ada ide ... bukan alasan lagi.
Tak ada semangat, bahkan mungkin aku mulai bosan ...


Lalu, apa yang membuatku kembali terketuk untuk menulis lagi?
Sebuah cerita yang lama kunantikan, akhirnya terkumpul sudah. Walau belum sempurna, namun dapat menjadi awal yang baik untuk memulai.


LIFE IS MIRACLE
Status itu lah yang selalu setia "nangkring" dalam setiap aktivitasku, akhir akhir ini. Apa yang terjadi? Sesuatu yang telah lama aku nantikan, hadir tak terkira memelukku eratttt sekali.
Tepat tgl 26.11.2010 yang lalu, dokter menyatakan kehamilanku positif 1 bulan. Luar biasa .....
Setelah perjalanan panjang selama 9 tahun mengarungi bahtera rumah tangga, Tuhan menganugerahkan rezeki dan rahmat yang tiada terkira untuk diterima dengan puji dan sujud syukur di lembar sajadah.


Haruku begitu tak dapat diungkapkan. Aku hanya berpelukan dengan suamiku, sambil saling melemparkan senyum. Lama kami termenung dalam fikiran masing masing, tanpa sadar kami masih berada di rumah sakit, terduduk dalam ruang laboratorium. Petugas lab tersenyum, sembari megucapkan selamat atas keberhasilan itu. Dan senyum lebarku tak henti hentinya mewarnai bibirku yang biasanya cerewet.


Sementara aku masih harus menunggu hasil test darah lainya, kami akhirnya memutuskan untuk  berwisata kuliner sambil jalan jalan. Setelah sebulan penuh aku banyak beristirahat mengikuti program dokter, akhirya rasa bosan itu pun memuncak. Mampir ke Warung Pecel Lele Lela kesukaanku, menikmati hidangan Lele Saos Padang, membuatku lupa semuanya akan kepenatan yang tersimpan selama ini. Belum ditambah khabar bahagia yang tiada tara nya.


Bayangkan!! Setelah sekian lama kami banyak berkonsultasi, berjuang menghadapi sekian banyak obat obatan dan tindakan yang harus dijalani. Plus ditambah suara suara sumbang yang selalu menyerang serta waktu yang rasanya hampir terbuang percuma oleh banyaknya istirahat panjang, rasanya semua itu sirnaaaaaa .... dihujani syukur alhamdulillah yang teramat indah, setelah mengetahui berita ini. Tuhan ... trimakasih untuk hadiah yang tak terduga ini.


Sore itu, sekitar hampir pukul 16.00, dr Agustine, assisten dokter kandunganku, dr. Ivan, kembali mengabarkan berita gembira. Hasil test darah yang kulakukan pagi tadi sudah keluar. Rupanya Bhcgku tinggi sekali, 2831. Amazing ...
Rasa semakin ingin berteriak suka cita, tak percaya dan syukur alhamdulillah kembali mengisi hatiku. Tuhan ... terimakasih untuk semua yang Kau berikan hingga sebanyak ini. Dunia rasanya milikku seorang untuk kupeluk. Dan haru kebahagiaan itu milik kami berdua ..


Hari ini tepat 3 bulan usia kandunganku. Dokter menyatakan kandunganku sehat, dengan hasil usg yang selalu membuatku terkagum kagum. Agh ... terimakasih untuk nikmat yang tak terkira ...
Keajaiban itu akhirnya hadir untukku ..

Selengkapnya...