2009_09_01 Bertemu Sahabat Pena dari Norway Melalui Facebook

Surprise suprise .. aku menemukan teman lamaku dari Norway ...


Awalnya bertaut ketika aku mulai kembali membuka facebook. Mm .. cari teman lama siapa lagi ya? Terlintas mengingat nama teman teman korenspondenku dulu ketika masih kuliah. Aku ikut yang namanya IPF. International Pen Friend.
Organisasi Sahabat Pena Dunia ini kutemui di satu majalah terbitan kursus bhs inggrisku-LIA Pramuka.


Sebelumnya, aku juga aktif mencari sahabat pena di Indonesia melalui surat surat pembaca yang ada di kolom pembaca majalah itu.
Hingga aku punya teman korenponden dalam bahasa Inggris. Salah satunya dari Maluku. Namun semenjak kerusuhan itu .. aku banyak kehilangan kontak dengannya.


Aku sudah lupa nama lengkap mereka. Makanya aku hanya meraba raba saja. Sahabat Penaku yang berasal dari luar, pertama bernama Marion. Kufikir tadinya cowok.
Rupanya nama Marion itu, dimiliki juga oleh cewek cewek di luar negeri. Keaktifanku menulis memang belum lancar mulanya. Karena aku ingin bisa mengaitkan dengan grammar yang kupelajari selama ini. Tak lepas dari itu, aku pun rajin membuka kamus, sebisa mungkin menggunakan kosakata baru hingga memperkaya khasanah vocabulary.


Wah .. siapa yang tak senang menerima surat dari luar negeri?
Dalam hal ini yang paling mendukung adalah Bapak. Bapak paling rajin memeriksa kotak surat bila ada surat dari teman temanku. Terkadang isi sloroganku *laci-bahasa jawa* itu surat surat yang sudah terbuka namun belum kubalas, juga beberapa draft surat. Kami sering bertukar foto, dan cinderamata seperti kartupos. Kadang mata uang coin atau lembaran rupiah yang nominalnya kecil.


Pertama di ulang tahunku, Marion mengirimiku kartu ucapan, yang ketika dibuka .. terdengarlah alunan musik Happy Birthday. Wow .. aku terharu sekali.
Maklum .. jaman itu aku belum menemukan kartu ucapan seperti itu.


Kami juga sering bercerita tentang cowok cowok yang kami suka, dan keluh kesah didalamnya. Tentang keseharian kami, hobby dan apapun yang menjadi favorit.
Pokoknya seneng dech.


Lambat laun .. bertambahlah teman penaku dari beberapa negara lainnya. Aku masih mengumpulkan surat surat mereka. Nanti aku coba scan salah satu diantaranya ya?
Perangko perangko yang menjadi alat bayar pengiriman pun tak lepas menjadi sasaran koleksiku. Wah .. lumayan banyak. Namun aku tak punya uang dulu, untuk membeli buku koleksinya. Cukup mahal juga untuk ukuranku yang masih kuliah.


Aku menyimpan surat surat mereka dalam 5 folder besar, dibedakan berdasarkan benuanya. Asia, Afrika, Amerika, Eropa dan Australia.
Yang dari Philiphine ada .. Kroasia juga ada. Guru sekolah dasar dari Amerika juga ada, bahkan Engineer dari Mesir pun asik untuk diajak berkomunikasi.


Namun semenjak aku lulus kuliah dan bekerja, kegiatan surat menyurat itu pun surut seiring kesibukanku, hingga kini aku tak lagi aktif. Tentu saja .. khan sekarang ada internet? Ada facebook, twitter, blog .. apa lagi ya?? PLURK ...
Semua mempercepat komunikasi dan mempersingkat waktu.


Korensponden selalu menjadi kesukaanku. Tapi itu sekarang tergantikan dengan nge blog.
Eh iya, sampai lupa menceritakan bagaimana Marion bisa menemukanku. Ketika itu aku search via friend finder di facebook, nama Marion. Wah banyak sekali. Aku lupa nama belakangnya siapanya. Pasrah dech .. niatku nanti ketika pulang, aku bawa 1 folder besar untuk kucari nama lengkap mereka.


Ndilalah .. Marion mengirimiku message di inbox. Dia bilang, dia pernah punya teman dengan nama mirip denganku. Apa ini benar? Bila bukan, mohon di decline saja. Waaaa ... tentu saja aku kaget sekali. Antara senang, tidak percaya .. campur aduk rasanya. Begitu aku confirm .. jreng jreng ..
Dan kami jadi kangen kangenan.


Aku mencoba berkomunikasi dalam bahasa Norway. Biasa pakai Google translate. Tentunya kita menggunakan susunan kalimat yang baku, bukan bahasa gaulz, agar hasil terjemahannya juga terlihat baku dan benar. Senang sekali rasanya ...


----
Me: hi there? remember me? thank GOD .. you still remember me ^.^
How are you??? yes we've lost contact many years ago .. i just cant believe it, it's you ..


Marion: *LOL* Who would have thought we would remember eachother..haha... well, we are not that old ...yet ;) I actually think you look younger...huh..whats up with that?? :) and what are you up to, what have you been doing...etc etc :))) So glad to finally catch up with you ' Big smiles!
----

4 Fans Berat:

G mengatakan...

Wah.. kok mirip2 ya, saya sedang asyik membuka catatan lama, ada diary ada juga notes, dan surat2 lama, sedang bongkar2 aja dan menemukan kenangan2 dengan teman2 lama..

Kuyus is cute mengatakan...

he he he .. soalnya seru juga ya buka folder lama .. Mm, aku juga mau cari diary lamaku. Masih ada gak ya?

reni mengatakan...

Wah seneng sekali bisa menemukan kembali sahabat penanya mbak...
Aku beberapa hari yg lalu juga baru ketemu teman lamaku via facebook juga..!
Cantik juga orangnya hehehe...

Aldriana A. Amir mengatakan...

halo,
saya dulu jg suka berkirim surat dan punya banyak sahabat pena dr berbagai negara. sesekali jg berkirim kartu pos. luar biasa senangnya ya saat menerima surat balasan dari mereka! :))
sampai saat ini surat2 sahabat pena saya jg msh tersimpan rapi di clear holder. kadang kalo lg kangen saya suka buka2 clear holdernya :D

oya, salam kenal ya! :)