2010_03_23 Bangle, adakah sebuah mitos?

Gambar diambil di sini
Selepas menengok Sri, kemarin ..
Aku berangkat ke rumah mertuaku untuk mengambil "bangle". Sejenis umbian/rimpang bentuknya mirip kunyit or lengkuas.
Bangle ini sudah terkenal untuk obat dan karena baunya, ia biasa digunakan oleh ibu hamil untuk diselipkan di balik bajunya, selama beraktivitas.


Adik iparku yang tengah mengandung jalan 2 bulan, bercerita bila ia tengah "ditampakkan" sadar-tidak sadar oleh mimpi buruk yang membuatnya kaget tak tak karuan. Sesuai mitos orang orang jaman dahulu, bahwa ibu hamil mengeluarkan aroma keharuman yang dapat mengundang, maka disertakanlah peralatan penangkal gangguan berupa alat tajam seperti gunting, bangle dan delangu, serta sapu lidi aren.


Mm .. "peralatan" yang dapat dibeli di warung warung penjaja bunga tabur dipasar ini, cukup membuat beberapa orang geleng geleng kepala. "Hari gini masih percaya begituan?"
Bagaimana dengan anda?


Apa itu Bangle?
Dan mitos apa kah yang menyertainya?


Bangley adalah sejenis rimpang yang banyak mengandung khasit obat obatan. Dahulu banyak diselipkan dalam baju seorang ibu hamil diasal usulkan karena, zaman dahulu, belum ada listrik ketika malam. Jadi bangle yang berfungsi sebagai obat lebih mudah digunakan/dicari ketika ia diselipkan dalam peniti baju seorang ibu.


Tak ada lebih tak ada kurang ..
Namun beberapa nasihat orang tua zaman dahulu, bangle yang mengeluarkan aroma pahit serta terasa pedas ini dipercaya dapat menolak bala gangguan makhluk halus yang menganggu. Setidaknya ia tidak mengganggu bayi yang dikandungnya.


Terlepas dari itu semua, dan dari banyak nya mitos yang berkaitan dengan ibu hamil, baiknya kita serahkan kekuatan itu kepada yang diatas. Semua tak lebih daripada, usaha agar bayi yang dikandungnya sehat, sempurna tak kurang dari suatu apa.


Aku mencoba untuk membuka dan mendekatkan aroma bangle itu ke hidungku. Tak terlalu bau .. dan bentuknya memang seperti kunyit walau tak terlalu kuning. Dipotong kecil saja, selipkan dengan peniti dibalik kemeja atau baju yang dikenakan. Setelah bentuknya peot dan mengering, bangle harus diperbarui lagi dengan yang lebih segar.


Pernah mencoba ini?

7 Fans Berat:

Tukang komen mengatakan...

Anakku yang kecil, kalo menangis tengah malam dan nggak keluar air matanya selalu aku parutin bangle dan delingo, dan entah kenapa pasti mereda tangisnya dan dapat tidur pulas lagi.... kenapa yah?

Kuyus is cute mengatakan...

he he .. berarti itu bukan sekedar mitos ya?

catatan kecilku mengatakan...

Aku baru tahu mitos-2 seputar bangle itu mbak... Sepertinya lucu sih, tapi ternyata dipercaya secara turun menurun ya..?

the others mengatakan...

Eh, mbak Kuyus dah hamil..? Alhamdulillah... seneng aku mbak.

Anonim mengatakan...

Percaya ga percaya, memang begitulah yang aku lakukan walaupun aku hidup di jaman yg canggih ini. Karena dari yang selalu aku lakukan mislnya, mau ke takziah, kondangan, nengok orang melahirkan, klo udh siap pake delingo bengle (sebutan di daerahku), pasti ank bayi ga rewel. Tp sblknya jk ga aku kasih itu, bayi bisa kena yg namanya sawan..

Anonim mengatakan...

Kalau mau bibitnya gmn mba :) aku nyari nyari ga ketemu :(

deddy kurniady mengatakan...

thn 70an adikku tiap malam sering kesurupan tapi Kalaui hidungnya sudah ditempeli bangle langsung sembuh