2010_03_27 Sehat Itu Nikmat

Demam ... again?
Duch .. semalam, aku dirundung demam, yang entah datang dari mana. Rintik hujan kah? Atau angin yang akhir akhir ini dipengaruhi perubahan musim?
Yang jelas, aku bisa mengukur kondisi fisikku sedang lemah.


Pastinya semalam, aku tak bisa tidur. Selimutan .. dan tulang tulang di kaki terasa linu bahkan tak betah dengan hawa panas yag kurasa.
Ketika pagi menjelang, pukul 04.30, Aku makin terkapar. Suhu di termometer menunjukkan 38.8c. Waa ... aku sudah gak bisa ngapa ngapain. Lemas, bahkan makan pun tak ingin. Minum terasa begah ..


Akhirnya aku dibuatkan air hangat oleh suamiku. Dan dikompress ..
Perlahan .. panas ku turun. Senang melihat perubahan bagus itu, aku makin rajin minum air putih. Sedikit demi sedikit.
Pagi itu, kucoba untuk jalan ke depan .. dan membeli soto mie hangat kesukaanku. Wah .. badan masih belum berpijak ke tanah nich. Rasanya masih goyang ..


Sembari menikmati hidangan di rumah .. ku sempatkan untuk istirahat saja. Rasanya gak kuat lagi. Siang .. kuhabiskan dengan tidur panjang, hingga tak terasa sudah sore. Termometer tak pernah berada jauh jauh dariku. Suhu pun beranjak ke angka 37,6c.


Sekitar pukul 17.30 sore .. suhu tubuh kian mendekati normal. Beberapa cangkir teh hangat, kuhabiskan hingga keringatan. Lega rasanya ..
Ternyata sehat itu nikmat.


Aku bisa cerewet lagi .. dan suamiku nampak senang, tersenyum menggodaku. "Istriku sudah sehat lagi .." ujarnya riang. Wah .. rasanya beda sekali, antara sehat dan sakit. Terbayang tadi pagi aku masih terkapar gak karuan. Dan kini aku sudah bisa main farmville di facebook. Ha ha ha .. alhamdulillah.


Suhu badan normal adalah 37,5 derajat Celcius. Bila suhu badan di atas suhu normal tersebut, maka dikatakan tubuh mengalami demam. Demam merupakan tanda bahwa tubuh dalam kondisi yang tidak normal, oleh karena itu tidak boleh dibiarkan. Suhu tubuh yang makin tinggi juga berbahaya, terutama pada anak. Bila tubuh tidak bisa mentolerir suhu yang tinggi tadi, bisa terjadi kejang. Terjadinya kejang akan memberikan pengaruh buruk pada otak.** Gaul Islam


Masih menjadi pertanyaan buatku .. panasnya tadi kenapa ya?
Kata dokter, bila suhu tubuh meningkat itu dikarenakan, ada virus didalam. Dan pertahanan tubuh kita tengah bereaksi melawan virus yang masuk. Karena nya, musti banyak minum air putih, karena ia dapat menurunkan panas tubuh kembali normal.


Sekarang .. sudah 36.6c.
Alhamdulillah .. normal kembali. Saatnya istirahat .. semoga besok semakin sehat dan aktif dengan kegiatan rutinnya ..

6 Fans Berat:

JHONI mengatakan...

habis sakit mba kuyus..........yah syukur udah sembuh!!!!

istri saya juga sering mengingatkan saya untk jaga kesehatan.......

Kuyus is cute mengatakan...

iya mas jhoni ..
sakit dadakan nich. Jaga kesehatan ya? lagi musim transisi nich dari musim hujan ke panas. Salam uuntuk keluarga ..

catatan kecilku mengatakan...

Lho.., baru sembuh dari sakit to mbak..? Sekarang udah bisa cerewet lagi ?

the others mengatakan...

Maaf mbak telat mampir.., karena akhir2 koneksi inet sdg error.

Evet Hestara mengatakan...

emang sehat itu nikmat banget..
kalo sakit, bukan cuma kita aja yang rugi, tapi orang yang disekeliling kita juga rugi..
mereka jadi kerepotan ngurusin kita..belum lagi kalo mereka ketularan :D

mila mengatakan...

WHAT?! Mamih kuyus koh sakit?!
cini cini peyuk.. (cozy)