2009_01_18 Toge Goreng Pak Raisan - BOGOR


Sayur mayur dan buah buahan nan segar hasil kebun

Jalan jalan ke Bogor memang tak ada habisnya membicarakan khasnya makanan, aneka ragam buah buahan, sayur mayur dan hasil bumi yang melimpah ruah. Setelah kusempatkan pagi itu, mampir ke Lapangan sempur yang ramenya .. ampyun .. *sayang gak sempat di foto* dan membeli cireng aneka rasa kesukaanku .. aku berencana mampir ke Surya Kencana dan membeli toge goreng Pak Raisan yang selalu kurindukan.


Tak puas rasanya bila tidak menghampiri Pak Raisan yang selalu ceria dengan pelanggan pelanggannya. Murah senyum dan ramah menanggapi pertanyaan pertanyaan seputar usahanya.


Ketika aku datang menghampiri dagangannya, Pak Raisan baru saja tiba dan mempersiapkan sesuatunya. Namun pelanggan nya sudah menanti dengan pesanan yang cukup banyak, yaitu 11 bungkus toge goreng. Wah .. rupanya fans berat Pak Raisan ini, siap mendatanginya demi mencicipi Toge Goreng buatannya.


Senyumnya menyapa ketika aku datang, mempersilahkan aku duduk di bangku plastiknya tempat biasa ia beristirahat. Menjelaskan padaku, bahwa pesananku siap beberapa menit lagi, mengingat pelanggannya yang terlebih dahulu datang tengah memburu waktu. Aku tersenyum senang dengan caranya, dan tentu saja .. tak akan penolakan untuk menunggu lama untuk sebuah sajian dan "show" Pak Raisan dalam menyajikannya.


Caranya yang khas .. seperti bartender yang selalu dengan aksinya. Pak Raisan berusaha memberikan rasa nyaman dan sedikit humor, agar pelanggannya betah dan setia menunggu.



Toge Goreng yang dipersiapkannya untukku .. bumbu dibuatkan terpisah



Tengah mempersiapkan Toge Gorengnya




Teliti mengikat bungkus Toge Gorengnya



Pak Raisan dengan dagangannya ..


Seorang pekerja keras yang tak pernah berhenti dengan semangatnya. Sekalipun putra putrinya telah menyelesaikan sekolah, dari hasil Toge Gorengnya, namun jiwa untuk tetap bekerja dan mempertahankan khas Toge Gorengnya tidak akan pernah usai.


11 Fans Berat:

ucrietz mengatakan...

SuryaKencana yak? Surganya makanan :D
aku iri
aku iri
aku iri
aku ingin
aku mau
*dipentung*

nugraha adi putra mengatakan...

wah.. bisa nih buat referensi liburan..

namaku wendy mengatakan...

wew..bole nih kapan2 diajak ksana nek hehehe rajin2 posting aja soal kuliner yah nek (mmm)

Dhe mengatakan...

mana buk??


mana ne cara buatnya :(

jadi laper:(

Kuyus is cute mengatakan...

@ucrietz: waaaa ... mau dipentung beneran? Banyak makanan buuuuu disini

@Nugraha: iya donk .. mampir ke BOGOR .. keliling suryakencana

@Emak: he he .. sambil nabung mak, nanti aku posting lagi wisata kulinernya

@dhe: ada tuch videonya paling bawah, emang gak keliatan?

mila mengatakan...

aq ga doyan toge goreng, rasanya aneh. klo makaroni panggang ada ga?

Mamiiiih... kapan kita ke bromo?

Mamih kan seneg foto, nah aq seneng jd objek fotonya. Klop kan? hi3..
yuk..yuk..yuk..

Erik mengatakan...

Wah, gimana rasanya toge digoreng? bau denger nih toge digoreng

Kuyus is cute mengatakan...

@nenek mila:
Waduh .. bisa rusak lensa mamih kalo kebanyakan moto nenek mila .. wk wk wk. Iya ya kapan ya?
Kangen dech moto moto ...

Cari cari info dulu tentang bromo agh ..*meluncur* en nabung *ha ha ..*

Kuyus is cute mengatakan...

@Mas Erik:
Masa sich .. wenak kok ..
Musti rajin2 ke bogor loh. NAmanya emang "goreng" tapi aslinya gak di goreng di rebus sedikit, masih renyah pas di makan. Cuman ada bumbu nya yang memberi kesan tauge nya di goreng, karena bumbunya coklat warnanya ..

reni mengatakan...

Toge goreng? Makanan asli mana, tuh mbak? Aku sih taunya yang enak ya... pecel madiun. Hehehe...
Wah..., lagi banyak ide nih.
Semangat ..!!

Kuyus is cute mengatakan...

@Mbak Reni:
Iya mbak .. belajar nulis tiap hari, biar semangat seperti Mbak .. selalu punya ide buat berbagi ..