2009_07_29 Tips Memotret Singkat


Memotret, bukanlah hal yang sulit. Tapi tidak juga mudah ..
Membingungkan ya?


Untuk seseorang yang memegang kamera pertama kali, kegiatan memotret tentu adalah kegiatan yang mengasyikkan. Mengabadikan banyak hal disegala situasi dan suasana. Ada bunga yang merah, pemandangan, kumbang yang mampir di tepi mahkota bunga, atau sekedar foto diri dan wajah wajah terkasih.


Nah .. bagaimana caranya memotret kali ini, menjadi satu hal yang berbeda? Tentu ingin rasanya, sesi pemotretan kali ini menampilkan hasil yang berbeda.
Gaya yang berbeda, dengan tampilan lebih segar. Aku ingin berbagi sedikit tips, agar ilmu ku juga bertambah karena aku semakin diingatkan.



Pertama, kita perhatikan latar belakangnya.
Salah satu elemen foto yang berpengaruh besar terhadap tampilan foto adalah latar belakangnya. Karena latar belakang selalu terlihat dalam foto. Perhatikan apakah latar belakangnya mengganggu atau tidak.


Secara umum, latar belakang yang sederhana menjadikan subjek terlihat lebih menonjol, sehingga foto terlihat lebih menarik. Namun bila sebaliknya, latar belakangnya terlalu ramai, usahakan kita lebih memfokuskan pada subjek yang ingin kita angkat di dalam fotonya.



Kedua, tips untuk foto close up
Penyebab mengapa foto orang kurang menarik adalah ukuran subjek dalam foto seringkali terlalu kecil. Ini terjadi kalau jarak memotret terlalu jauh dari subjek. Penuhi "frame" foto dengan subjek dengan cara mendekatkan ke mereka atau menggunakan zoom, foto pasti akan lebih menarik.



Ketiga, cari keunikannya
Sembari melakukan perjalanan atau mengambil foto, ambillah foto dengan keunikan/ke khasan satu tempat tertentu. Ambilah foto kenangan yang mencerminkan tempat tersebut. Misalnya, kita mengunjungi Monumen Nasional .. tentunya belum afdol bila mengambil moment tanpa menyertakan monumen yang menjadi kebanggaan masyarakat Ibu Kota. Atau berkunjung ke Yogya, temukan satu ke-khas-an yang bisa diangkat di dalam cerita foto tersebut.


Keempat, lakukan dengan gaya
Untuk mendapatkan foto yang bagus, kadang perlu usaha lebih. Kalau perlu arahkan gaya subjek atau meminta mereka untuk melakukan sesuatu agar foto lebih dinamis. Jangan asal motret saja. Dengan sedikit pengarahan kita tidak akan kecewa dengan hasilnya.


Kelima, coba dengan komposisi berbeda
Biasa memotret lurus dari depan? lain kali coba dengan posisi kamera yang berbeda beda. Yaitu dengan posisi kamera lebih di bawah dari posisi mata atau sebaliknya. Memutar mutar kamera agar posisi subjek terlihat diagonal di foto. Foto yang diambil dengan cara berbeda dari kebiasaan banyak orang akan menghasilkan foto dengan kesan yang berbeda pula.


Ini yang biasa disebut angle, yaitu mengambil sudut pandang foto dari sisi yang berbeda. Temukan keunikan subjek fotonya. Dari sesuatu hal yang berbeda, dengan sudut pandang yang unik, akan menghasilkan foto yang lebih cantik dan nikmat dilihat oleh pengagumnya.



ke enam, memotret di golden light
Saat matahari di posisi rendah, pada saat terbit dan akan tenggelam, cahaya matahari menimbulkan efek warna kekuning kuningan pada foto. Foto memiliki kesan hangat.
Dalam fotography waktu ini dikenal dengan nama masa "golden light". Fotographer berpengalaman sering memanfaatkan waktu ini untuk mendapatkan efek gambar yang lebih cantik.


----
Dikutip dari "Supaya Foto Lebih Menawan"
by Canon
----
Ayo .. ambil kameranya ... kita lakukan serangan memotret sekarang juga !!!
He he he .. selamat mencoba ^.^

7 Fans Berat:

Tukang Komen mengatakan...

hebat euy, fotonya cakep-cakep

suryaden mengatakan...

kameranya... hadooh

nyegik mengatakan...

wow keren buanget futu futunya....

ferdivolutions mengatakan...

makasih bgt infonya, mbak....
aku kdg juga suka motret, cuma lebih seneng dipotret seh.. hahaha... (narsis)

cuma kamera ak kurang mendukung,
coba ak pny kamera yg keren... hehehe...

Kuyus is cute mengatakan...

he he he jadi malu. ^.^
@Tukang Komen: he he masih belajar say. Semoga sharing ilmunya bis abanyak membantu
@Ma Suryaden: ha ha ha kameranya lebih gede dari orangnya ya mas? he he he
@Nyegik: he he he trimkasih, tapi ini masih belajar, ... masih banyak kekurangannya
@Ferdi: he he eh, kalau begitu, sini, aku yang foto in, kebetulan aku sedang latihan moto orang nich. Tapi candid, misalnya moto orang lagi ngupil, pasti seru ... wk wk wk

DUNIA POLAR mengatakan...

mbak aku bisa pinjem kameranya ndak,hehehe....
lama nggak kesini skrg trnyata mbak jadi potograper :D
kmrn aku baca klo poto poto juga hrs merhatiin iso, tp syg aku g ada iso di kameraku :(

Reni mengatakan...

Mbak, hasil fotonya keren-2.
Mbak Kuyus cocok jadi fotograger deh.. Terus semangat belajar ya, agar hasilnya makin oke..!!