2009_06_30 Mandi Yuk ..


Gambar diambil di sini


Selamat pagi .. sudah mandi belum?
Ucapan manis ini diungkapkan seorang ibu kepada anak anak kecil yang tengah bermain di halaman rumah. Sekalipun wangi tercium dari wajah wajah lucu dan ceria, namun pertanyaan itu sengaja dilontarkan sekedar menikmati ucapan bocah bocah yang mengatakan "sudaaaaahh .." atau mengangguk angguk.


Seiring dengan lagu klasik anak anak, "Bangun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi. Habis mandi kutidur lagi .." *LOH*


Teringat ketika dulu kecil, aku paling susah mandi. He he .. kalau sudah keasyikan sesuatu, atau lagi libur tiba, yang ada acara tidur pun menjadi favorit. Lain hal bila harus berangkat sekolah, tentunya acara mandi pagi menjadi rutinitas yang mengharuskan. Sekalipun dingin airrrrnyaaaa .....


Acara mandi bukan hanya sekedar mengguyur air, atau berendam saja. Namun juga membasuh badan yang tersentuh debu, kotoran dan keringat dengan sabun, plus membersihkan sel sel kulit yang mati. Khabarnya debu dan kotoran itu mengandung lemak yang bisa ter eliminasi oleh sabun yang netral.


Waduh .. rupanya yang namanya mandi bisa beraneka macamnya. Mungkin ini yang disebut spa? Ada yang mandi coca cola, mandi DUIT?? hi hi hi .. yang ini mah bukan mandi ya?
Mandi Cream, mandi pasir .. mandi coklat, mandi anggur ... apa ya manfaatnya? Klik di sini buat melihat hal yang aneh tersebut diatas.

Survey mengatakan ternyata, mandi juga memiliki peranan dalam meningkatkan sistem kekebalan, mencegah penyakit kulit, bahkan untuk menyembuhkan masalah medis yang serius. Yaitu dengan berendam di dalam bak air hangat, 1/2 jam bisa menurunkan kadar gula dalam tubuh 13 persen, sementara yang berendam 10 menit dapat memperbaiki kesehatan jantung.


Selain itu juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun racun tubuh, mengurangi stress, penyakit kulit, flu dan sakit kepala, insomnia serta melancarkan sirkulasi darah. Ikuti cara cara di sini dalam membantu prosesi relaxasi tubuh dan penyembuhan penyakit.


Dari beberapa artikel yang kubaca, mandi di beberapa tempat/wilayah/negara bisa berbeda beda tabiat dan kebiasaannya. Yang di luar negeri, .. belum tentu bisa merasakan nikmatnya mandi ala jebyar jebyur dengan bak mandi. Melainkan dengan bath up-berendam atau minimal shower-air pancuran.


Buat negara yang memiliki musim dingin, kebiasaan mandi pun belum tentu dilakukan sehari 2x seperti di negara tropis yang kaya akan air. Siapa yang tahan dengan suhu air yang dingin membasuh tubuh kita. Kebiasaan mereka hanyalah cuci muka dan membasahi tubuh dengan air seperlunya saja.

Perbedaan itu terlihat di negara kita yang terbiasa dengan mandi bermacam macam media. Ya mandi kembang *tengah malam - waduh??*, mandi coklat *biasanya sambil berendam-spa, untuk menghilangkan racun racun tubuh*, mandi susu, mandi dengan kopi, atau dengan aneka rempah rempah. Tentunya air yang disajikan lebih hangat dari air yang biasa digunakan. Selain untuk melancarkan aliran darah, membuat kulit bersih dan kembali mulus juga membuat fikiran kita kembali tenang lewat aromanya.

Mandi kembang yang sering dilakukan banyak wanita, memberikan efek kelembutan dan aroma relaxsasi. Jenis bunga yang digunakan tentunya adalah mawar, melati, kenanga, cempaka, dan masih banyak lagi, seperti yang dikutip di sini.

Berbeda dengan mandi hujan yang menjadi favorit anak anak. Wah .. kenikmatan masa kecil yang tak bisa diulang. ^.^ ..
Namun kondisi tubuh harus fit sebelum dan sesudahnya. Mengingat suhu air hujan yang turun tentu lebih dingin dari suhu tubuh kita sendiri, disarankan untuk segera mandi kembali dengan air bersuhu normal.

Kebiasaan mandi memang penting untuk pribadi yang aktif yang selalu mengutamakan kebersihan tentunya. Setiap saat kita berkeringat. Tentu rasa lengkat dan aroma yang kurang sedap menganggu kedekatan kita dengan orang lain.
Namun dengan hangatnya ataupun dinginnya suhu air yang kita gunakan untuk membersihkan diri mampu membuat semangat hidup kembali aktif dalam melakukan rutinitas.

10 Fans Berat:

ferdivolutions mengatakan...

hihihihi.... masa ada mandi duit??
hakz... itu namanya mandi kuman...
kan duit sumber kuman...
haha...

apa kbr mbak???
^_^

Tukang Komen mengatakan...

wah wah banyak yah manfaat mandi ternyata.... pokoknya segerrr deh...

reni mengatakan...

Padahal mandi itu menyegarkan dan menyehatkan ya mbak..., tapi kok ada juga yang suka malas mandi ya ? hehe..

natazya mengatakan...

saya kadang kadang mandi sekali sehari doang lhoooooooo hahahaha

ih ih ih pengen banget mandi duit!!! :D :D :D

..Quchie.. mengatakan...

pernah denger mandi bir?? hoohoo.. kalo ga salah chie penah baca artikel ttg mandi bir.. tapi lupa dmna..

G mengatakan...

Saya suka mandi susu, xixi... tapi emang bener kok, setelah mandi itu rasanya sangat segar, baik tubuh maupun jiwa (^__^)

nietha mengatakan...

untunglah tadi sebelum mampir ke blog ini aku sudah mandi.. jadi udah wangi dan ga malu2 baca postingannya

Mackieca mengatakan...

mandi lah sebelum kau di mandikan.
hehe serem ye , , ,

Ippen mengatakan...

seneng liat gambarnya.. hihihi lagi ngebayangin ntar gue mandiin bayi ckckckck

ayi mengatakan...

hmm lucu bgt bayinya..hihi :D