2009_06_07 Mandi Sinar Matahari Yukk ..




Olah raga yuk ..
Satu .. dua .. tiga .. empat ..
Pemanasan jangan lupa ...


Mm, ingat ketika sekolah dulu tiap hari jumat ada senam jasmani bersama? Tahun berapa yakk? .. Tahun delapan puluhan ..
Gak tahu dech, zaman saiki ... he he


Olahraga dilakukan ketika pagi hari membawa dampak yang baik untuk kesehatan. Pernah membaca satu artikel ketika sinar matahari pagi jam 07.00-09.00 pagi, adalah sinar terbaik untuk mengolah vitamin D yang ada ditubuh kita dan kalsium begitu mudah diserap oleh tubuh?
Mengapa begitu ...? Pertanyaan yang bagus .. nanti kita tanya Mbah Gugel untuk jawabannya.


Apa anda pernah mencobanya? Aku baru mencoba beberapa hari ini. Nyeri pada tulang pun berangsur berkurang. Wah .. sudah kayak nenek nenek saja nich, mulai merasakan nyeri tulang. Mengapa begitu? Mungkin karena aktivitas kita sehari hari tidak banyak diwarnai dengan gerak tubuh. Duduk manis di depan komputer, berhari hari membuat tubuh menjadi kaku, dan tulang pun "ngambek".


Pun bila pagi hari, kita suka terkena "sindrome" flu, batuk atau sesak nafas, langkah termudah yang bisa dilakukan pertama adalah dengan berjemur di pagi hari. Merasakan hangatnya sinar matahari hari sambil menarik nafas panjang beraturan. Lakukan sedikit gerakan olah tubuh untuk memperlancar peredaran darah.


Nah, aku mencoba berbagi, apa manfaat berjemur dipagi hari .. dan untuk kualitas apa yang bisa kita peroleh dengan aktivitas ini.


Hasil bertamu kepada Mbah Gugel, adalah pagi bermandikan sinar matahari antara pukul 07.00-09.00 selama 15 menit akan memberikan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Jika tak sempat berjemur di pagi hari, aktivitas sehat itu bisa dilakukan pada sore hari, khususnya setelah pukul 15.00.


Tentang waktu lamanya berjemur, itu tergantung usia. Untuk anak-anak dan orang tua, sekitar 5 hingga 10 menit. Kalau masih muda, berjemurnya bisa lebih lama sedikit, yaitu 15-30 menit.


Namun, untuk 'berjemur' di pagi hari tersebut usahakan tidak lebih dari jam 09.00. Sebab, paparan radiasi dan sinar ultraviolet A dan B sangat berbahaya, selain menyebabkan keriput juga dapat menyebabkan kanker kulit.** rajasolusi



Tidak lupa untuk mengajak anak anak beraktivitas layaknya olahraga paling tidak tiga kali seminggu selama 15 menit. Tentunya dibarengi dengan asupan gizi berupa kalsium yang cukup dan pola makan yang sehat. Keperluan kalsium untuk orang dewasa per hari sebesar 1.000 mg, bisa diperoleh baik dari susu, sayuran hijau seperti brokoli dan buncis, buah-buahan seperti jeruk, pisang, pepaya, kiwi, dan alpukat, serta segala jenis ikan, terutama ikan teri.


Lengkapnya bisa disimak di sini:
1. Sinar matahari menghasilkan vitamin D
2. Sinar matahari mengurangi kolesterol darah dan gula darah
3. Sinar matahari adalah pebawar infeksi dan pembunuh bakteri
4. Sinar matahari meningkatkan kebugaran pernafasan
5. Sinar matahari membantu dalam membentuk dan memeprbaiki tulang tulang
6. Sinar matahari meningkatkan beberapa jenis kekebalan


Sinar matahari juga dapat meningkatkan kebugaran dan kualitas pernapasan. Bisa meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan. Ini berarti banyak oksigen tersedia untuk dibawa ke otot sewaktu berolahraga. Faktor lain yang bisa membantu meningkatkan volume napas ialah bahwa glikogen bertambah di hati dan otot setelah berjemur matahari. **id answer

Wah siapa sangka manfaatnya banyak sekali ya? Teringat dulu ketika bekerja, jangan harap bisa bertemu sinar matahari. Berangkat dari rumah masih gelap, pulang pun sudah gelap. Kebayang .. duduk seharian di depan komputer, pun ber udarakan AC. Mungkin kah aku baru merasakannya sekarang? Mm ...
Ketika Saptu atau Minggu .. lebih nyaman beristirahat, berlindung dibawah selimut. Hayoo ... gimana badan mau sehat ya?

Dengan rajin berjemur, 3x dalam seminggu akan menjadi tabungan kalsium dalam tubuh.
Vitamin D akan membantu memadatkan tulang karena membantu penyerapan kalsium.

Kini aku mulai rajin melakukannya. Tadinya sempat kebingungan .. mau berjemur dimana ya? Mau jalan pagi ... waduh, semua orang yang lewat pada jalan mengejar waktu, alias berangkat kerja. Mau ke lapangan bola yang kebetulan ada di belakang rumah .. kok cuman aku sendirian ya? he he he .. gak pede.

Alhasil berjemurlah aku dekat jemuran baju ... hua ha ha. Wah disini terjaga privasinya. Sembari memperhatikan hiruk pikuk aktivitas orang orang dari atas, aku juga bisa melihat langit yang membiru dengan indahnya.

Sesekali kuajak suamiku berjemur ketika libur tiba. Awalnya, cuman menemani. Tapi lama lama kok malah dia yang banyak bergerak sembari lari lari kecil. Hingga waktu 30 menit pun menjadi tak terasa lagi.

Lalu bagaimana dengan anda?
Sudahkan berjemur matahari pagi, hari ini?

----
Related Posts:
----

4 Fans Berat:

Dunia Polar mengatakan...

duh aku thn 80an msh blm tau apa tuh olah raga,hueheh...
btw emang yah mbak sinar mthri tu brguna bgt tp ntar klo item gmn donk,xixixi,,,

Kuyus is cute mengatakan...

kalau item khan sexy, kayak denzel washington, my favourite .. hue he he ..

reni mengatakan...

Semoga setelah rajin mandi sinar matahari rasa pegel-2 di tulang hilang tuntas deh !!
Aku jarang kena sinar matahari, karena kalau udah masuk ruangan, bisa-bisa keluar lagi udah sore mbak.

suryaden mengatakan...

suka juga, selain melepas lelah juga stres, dan sepertinya kegiatan semacam ini sudah sangat mahal sekarang, karena tidak bisa setiap hari (doh)