2009_03_16 Rawon Setan Mbak Endang- Sabang


Rawon Setan Mbak Endang di Jln Sabang


Menikmati santap siang di hari yang terik, cukup terbayar dengan kehadiran Rawon Setan ala Mbak Endang ini.


Tepat hari Senin kemarin, aku dan Bapak *si pecinta kuliner* melancong ke Rawon Setan di Jl Sabang. Tak terlalu sulit untuk diraih dengan kendaraan umum. Bisa naik P. 20 dari arah Kuningan *naik Kopaja P20 jurusan Lebak Bulus senen* atau naik busway *as always* turun di halte Sarinah, dan jalan kaki sedikit menuju Sabang yang berjubel resto resto lezatnya.


Tak memakan waktu lagi, kami langsung memesan Rawon Setan yang sedari tadi sudah terbayang di depan mata *lebai dech .. hi hi*.
Eh rupanya ada menu baru ya? Ada Iga penyet dan Rawon Iga. Wah sayang ketika itu hidangan masih diolah, jadi kami harus menanti lebih siang untuk bisa mencicipinya. Kapan kapan aja kalau gitu. Soalnya perut tak bisa kompromi lagi ..



Si Bapak yang asyik menikmati hidangan



Hidangan Rawon


Nasi dihidang terpisah dengan rawonnya. Lalu disiapkan jeruk nipis dan tauge segar yang masih muda, untuk dicampurkan sebagai variasi penambah rasa kuah rawon. Mm .. taugenya terasa segar. Tapi kuah Rawonnya kurang menggigit atau kurang gurih. Tapi dagingnya oke. Cukup tebal dan epmyukk ...


Konon, puluhan tahun yg lalu waktu zaman revolusi di tengah kota Surabaya ada warung rawon yang buka di depan Gedung Nirom. Sehingga dengan gampang warung ini dikenal sbg Warung Rawon Nirom.**mimimama


Bisnis sop keluwek ini bertahan terus sampai sekarang. Posisinya sudah nggak lagi di depan Gedung Nirom. Disana sekarang ada Hotel Jw Marriott. Warung rawon tadi juga sudah nggak lagi dikenal sbg Rawon Nirom, sekarang orang nyebutnya Rawon Setan.


Rawon Embong Malang sudah ada sejak 1953. Dirintis pertama kali oleh Musiyah. Sekarang ada dua orang pengelola rawon setan. Yaitu Bu Mulyadi (Bu Sup) dan Mbak Endang. Musyiah ini adalah nenek dari Mbak Endang, dan Bu Mul adalah mantunya. (dadi tasih sedulur ). Sejarah rawon Embong Malang, ternyata sudah ada sebelum dibangun hotel Marriott yang letaknya bersebrangan.**jagomakan



Gambar diambil di sini


Kenapa disebut rawon setan? Karena warung ini baru buka sekitar jam 23:00an (bareng setan2 gentayangan), dan biasanya buka sampai kurang lebih jam 02:00an. Walaupun rawon setan ini cuman warung tenda di pinggir jalan, tapi konsumennya banyak yg bermobil mewah, plat nomernya juga nggak selalu L. Dan hebatnya, mereka yg biasa dilayani secara mewah di restoran mahal bersedia berdiri antri lama di pinggir jalan demi rawon setan ini, setan!


Dengan potongan daging besar besar dan mengerikan *karena disertai lemaknya*, rasa rawonnya tak terlalu memberi sensi lebih. Kabarnya, Rawon Setan JW Mariot itu pecah kongsi, si peracik bumbu alias tukang masak aslinya mbak Endang. **elkaje


Mbak Endang, kabarnya membuka warung rawon sendiri. Banyak yang bilang Rawon Setan buatan Mbak Endang lebih nikmat dibanding yang di Jw Marriot.



Gambar diambil di sini


Rawon Setan mbak Endang
Jl Boulevard Raya TB II no 35, samping karaoke "NAV" dekat sport Club Kelapa Gading. telp 4520567
Buka jam 10.00-03.00 WIB



Gambar diambil di sini


Buat yang suka Rawon, tak ada salahnya mencicipi hidangan yang sudah tersohor dari Surabaya ini. Soal rasa dan selera itu relatif. Sekalipun banyak yang memberi kesan biasa, namun pemburu masakan ini tak pernah berhenti begitu saja. Coba saja datangi salah satu kedainya yang sudah banyak hadir di Kelapa Gading, Casablanca, Kemang, Mangga Besar dan Sabang.


7 Fans Berat:

reni mengatakan...

Hmmm, rawon... salah satu makanan favoritku.
Jadi pengen. Dah lama gak ketemu rawon yang enak....
*kayaknya aku kalo liat makanan bawaannya pengen aja ya? hehehehe*

Kuyus is cute mengatakan...

@Mbak Reni:
He he ..Makan bareng yukkk ... ikutan lapar nich jadinya? he he

Dhe mengatakan...

yuzzzzzzzzzzzz >,<
dirimu slalu aja posting yank bwt ku iler >,<

pengen makan rawon tp ga da di acehh..

daku harus cari dimana yah :((

Kuyus is cute mengatakan...

@dhe:
Cari di sini aja dhe ... he he
ngiler ngiler dikit gak papa lah ..

sing mengatakan...

halu, sy vina, penggemar rawon juga.hmm. rawon setan mbak endang di sabang memang estorindang. uwweenak tenan.minggu lalu aku kesana cobain rujak cingur dan tahu campur nya. poll twenan.

Anonim mengatakan...

rawon setan di jalan sabang depan resto garuda itu enak sekali. saya setuju dengan vina. nasi pecel dan ayam penyet nya juga enak sekali.setau saya paling rame rawon setan disitu dibandingkan di yg di tebet. tempatnya bersih dan pelayannya ramah2

Anonim mengatakan...

Rawon setan mbak endang yang di Sabang, memang top markotop.
Saya pesan nasi krawu dan pecelnya.enaknya luar biasa.
Mau balik kesana lagi ah.ngantri sih.tp memang enak.