2009_08_11 Kebaikan Apa Yang Sudah Dilakukan Hari Ini?

Membaca satu kalimat bijak yang kutemui suatu kali, bunyinya seperti ini ..
"Sebelum tidur, tanyakan kepada diri sendiri .. kebaikan apa yang sudah kamu lakukan hari ini?" Waktu kutuliskan di status fesbukku .. respon beberapa teman menjawab "Apa ya? Sudah lupa tuch?" ha ha ha ...
Ada juga yang akhirnya bilang," dimulai dengan melakukan niat yang baik hari ini"


Apa ya kebaikan yang kita lakukan hari ini?
Gak perlu dijawab .. jawabannya hanya antara kita dan hati kecil saja. Boleh sich .. dibagi bagi cerita ceritanya, siapa tahu teman teman juga ikut ter-inspirasi karenanya.


Pernah ada satu cerita bijak, yang intinya bercerita begini. Seorang anak, sebut namanya A ketika itu membutuhkan pertolongan. Hingga tibalah anak lain bernama B yang mampu menolongnya. Satu nilai kebaikan itu ingin dibalas dengan kebaikan lain pula oleh A. Bertanyalah A kepada B, tentang apa yang bisa dilakukannya untuk membalas kebaikan B. Dan jawaban B adalah .. lanjutkan melakukan kebaikan kepada orang lain yang membutuhkan, sehingga kebaikan lah yang akan ada di dunia ini.


Simple, sederhana .. tapi di dunia yang kini serba materialistis, masih ada gak ya? Satu cerita motivator besar yang meng-agungkan nilai kebaikan akan membawa pada fikiran fikiran positif dan memberi aura pada sebuah kesuksesan, pun tak lepas dari kekuatan sebuah "kebaikan".


Dengan kebaikan, akan menjaga langkah langkahmu di depan. Menjaga sayap sayap mu melebarkan kepaknya disamping, dan menjaga masa lalu mu dari niat buruk yang siap mengganggumu kapan saja.


Apa nilai sebuah kebaikan?
Apakah kebaikan itu?
Hiii .. serem. Lama lama kok menjurus ke filsafat ya? Obrolan berat nich ... ^.^
Gak dech .. aku cuman ingin share arti sebuah kebaikan dari sudut pandangku yang sempit ini.


Buatku, kebaikan adalah membantu meringankan beban seseorang dengan kelebihan yang kita miliki. * Bikin definisi sendiri nich* ^.^
Kebaikan tak selalu berkaitan dengan materi. Sekedar memberi salam, bertemu sapa apalagi mengajak berbincang hingga senyum simpul itu datang, pun sudah merupakan satu nilai kebaikan. "Aku baru saja membuatnya tersenyum hari ini, padahal masalahnya berat sekali"


"Aku baru saja menyingkirkan paku di jalanan, agar kendaraan yang lewat tak terganggu karena bannya nanti bakal bocor" *misalnya ..*
"Aku mengagumi kelincahannya memainkan tugasnya sebagai tukang parkir. Walau pekerjaannya terkesan biasa bahkan tak menjamin apapun, namun kecintaannya membuatnya terlihat gesit, lincah dan sangat menyatu"


Nilai sebuah kebaikan, banyak kita temukan dalam cerita cerita bijak. Namun, dapatkah kita menjadi salah tokoh yang melakukan kebaikan didalamnya? Kadang untuk sekedar berujar, bukanlah satu hal yang rumit. Namun menjadi diantaranya .. bukan satu hal yang mudah. Pernahkah mencoba untuk memberikan barang kesukaan kita kepada orang lain? Mm .. gak mudah ya? ^.^


Disaat kita hanya mampu membeli makanan 2 buah, namun perut kita tengah dililit rasa lapar, sanggup kah kita memberikan sebagiannya lagi kepada orang lain yang mungkin lebih lapar dari kita?
Mm .. kalau jawabannya begini gimana? "Tentu saya berikan 1 makanan lagi untuknya. Toh nanti saya bisa pinjam uang teman untuk membeli makanan lain". Tapi bagaimana bila kita tidak bisa berharap teman akan membantu kita? Sementara yang kita miliki hanyalah apa yang ada didepan mata.


Aku pernah menemukan kondisi dimana aku diantara 2 pilihan yang sama sama membuatku berfikir. Memang itu tergantung apa yang akan kita berikan. Namun bila kita sanggup meng ikhlaskannya, rasanya plong ... walau kadang hati kecil juga mempertanyakan, atas dasar apa keihklasan itu terbentuk.
Setidaknya aku bisa menulis sebuah kalimat "Hari ini aku belajar bahwa ikhlas itu indah"


Bagaimana dengan teman teman? Sudah menemukan jawabannya?
Aku sudah ..

4 Fans Berat:

ferdivolutions mengatakan...

iya,mbak... sungguh simpel klw semua org berbuat baik tanpa matrealistis, pasti di dunia ini hanya ada kebaikan yg bener2 ikhlas.
kan ada tuh org baik tp ga ikhlas....

^_^

shasa_imutz mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
reni mengatakan...

Bener mbak, sebetulnya banyak hal-2 kecil yg dapat kita lakukan demi kebaikan semua orang....
Seandainya saja tiap orang rajin bertanya seperti itu setiap hari pada dirinya sendiri, lama-2 akan muncul kesadaran dalam dirinya tentang pentingnya berbuat kebaikan dalam hidup ini ya ?

Kuyus is cute mengatakan...

@Ferdi: iya betul .. semoga kebaikanlah yang selalu ada di hati setiap orang
@Mbak Reni: iya mbak. dari hal hal kecil bisa menjadi hal besar yang terindah ^.^