2009_08_23 Kisah Nabi Sulaiman dan Seekor Semut

Gambar diambil di sini

Suatu hari Nabi Sulaiman AS sedang berjalan-jalan. Ia melihat seekor semut sedang berjalan sambil mengangkat sebutir buah kurma. Nabi Sulaiman AS terus mengamatinya, kemudian beliau memanggil si semut dan menanyainya, "Hai semut kecil untuk apa kurma yang kau bawa itu?.



Si semut menjawab, "Ini adalah kurma yang Allah SWT berikan kepada ku sebagai makananku selama satu tahun".


Nabi Sulaiman AS kemudian mengambil sebuah botol lalu ia berkata kepada si semut, "Wahai semut kemarilah engkau, masuklah ke dalam botol ini aku telah membagi dua kurma ini dan akan aku berikan separuhnya padamu sebagai makananmu selama satu tahun. Tahun depan aku akan datang lagi untuk melihat keadaanmu".


Si semut taat pada perintah Nabi Sulaiman AS.
Setahun telah berlalu. Nabi Sulaiman AS datang melihat keadaan si semut. Ia melihat kurma yang diberikan kepada si semut itu tidak banyak berkurang.


Nabi Sulaiman AS bertanya kepada si semut, "hai semut mengapa engkau tidak menghabiskan kurmamu?" Wahai Nabi Allah, aku selama ini hanya menghisap airnya dan aku banyak berpuasa. Selama ini Allah SWT yang memberikan kepadaku sebutir kurma setiap tahunnya, akan tetapi kali ini engkau memberiku separuh buah kurma. Aku takut tahun depan engkau tidak memberiku kurma lagi karena engkau bukan Allah Pemberi Rizki (Ar-Rozak), jawab si semut.


Banyak kisah kisah tentang Nabi Sulaiman yang diberi kelebihan berkomunikasi dengan hewan, salah satunya semut. Satu kisah tersebut diatas, yang ku kutip dari note seorang teman mengumandangkan nasihat tentang Kebesaran Tuhan.

Betapapun kayanya Nabi Sulaiman, namun seekor semut tak ingin menggantungkan janjinya untuk sebuah harapan tahun depan. Karena Tuhan Pemilik Segala Alam adalah yang selalu memberi rizki kepadanya, karena Dia Adalah satu satunya Tempat Bergantung.


----
Related Posts
----

4 Fans Berat:

reni mengatakan...

Makasih sharing ceritanya mbak...
Bisa aku ceritakan lagi pada Shasa niy..
Bagi-2 cerita yang lain ya mbak.. ^_^

suryaden mengatakan...

semut yang hebat...

tahu aja dia mana tuhan mana nabi.. haha

Desi mengatakan...

ceritanya bagus :D

Buy Cheap Cell Phones mengatakan...

jadi jangan belagu yah kalo udah kaya..