2009_05_07 Siapkah Kita Menjadi BLOGGER?


Gambar diambil di sini


Waduh pertanyaannya cukup mengernyitkan dahi. Perlu persiapan apa ya, untuk menjadi seorang blogger? Seberapa besar sich peranan dan andil seorang blogger sehingga membutuhkan satu reservasi diri melakukan persiapan? He he .. muter muter dech nanyanya ..


Tentu tidak ada yang besar. Namun bila anda siap membuat sebuah blog, tentu diharapkan bukan hanya sekedar sesaat sebuat tulisan mengalir dalam postingan anda. Sifat kontinuitas akan membantu anda mengembangkan diri lebih lama dan komunitas yang semakin bertambah besar.


Banyak blog yang sukses hingga mengalir jutaan rupiah dalam kantung emasnya. Namun banyak juga blog yang masih terus belajar tanpa henti berbagi ilmu dan sudut pandangnya kepada pembaca hingga menjadi satu topik yang menarik didiskusikan.


Sebuah Blog hadir karena penciptaan penulisnya. Hadir karena impian penulisnya akan sesuatu yang besar. Bukan sekedar rutinitas, bukan pula sekedar sebuah tulisan. Seberapa jauh sebuah blog hadir mengangkat citra diri penulisnya?


Saya mencoba mengutip beberapa tips dari "Hand Book for Bloggers", untuk berbagi ilmu dengan teman teman bloggers:


----
Kesabaran Mengelola Topik
----
Setelah anda menentukan tema/topik dalam blog anda *seperti spesialiasi blog foto, atau blog yang khusu bercerita tentang tanaman, makanan, wisata, politik .. atau gado gado macam blogku* dibutuhkan kesabaran untuk tetap berada di dalam topik yang sama dengan ide dan kreatifitas yang berbeda.


Tentu berbeda bila kita mencanangkan blog yang kita tulis kelak berupa catatan pribadi, yang bisa berbagi tentang apa saja tanpa dibatasi oleh satu tema tertentu. Pastinya pengembangan diri bisa lebih beraneka ragam


----
Berkreativitaslah
----
Intinya sich untuk tetap update. Sehingga pembaca yang hadir dalam blog anda akan menemukan sesuatu yang berbeda tiap tiap harinya, atau dengan periodik tertentu. Toh belum tentu kita mampu mempunyai ide penulisan tiap tiap harinya. Hanya saja ... jangan berhenti menulis sampai sebulan kosong ... apalagi setahun *upsss ..* tentu pembaca akan memiliki asumsi, blog anda tidak aktif lagi nich ..


----
Ide yang Cemerlang
----
Ayo cari ide yang cemerlang !!
Temukan satu pengembangan diri yang bisa anda temukan dimana saja. Dengan satu topik yang sama tiap penulis tentu bisa bebas menuliskan tema sesuai daya imajinasinya masing masing.
Jangan lupa banyak blog jogging .. karena tema bisa berasal dari teman sendiri. Asal .. jangan copy cat, dikhawatirkan malah kita hanya akan mempromosikan blog teman sendiri, bukan blog kita sendiri


----
Melakukan Penulisan yang Baik
----
Simple dalam penulisan blog dan mempublikasikannya tentu membuat blog lebih gampang dilakukan. Namun peningkatan sebuah kualitas penulisan seorang blogger bisa lebih ditingkatkan dengan cara pelakukan survey dan pencarian data dengan baik.


Beberapa blogger membutuhkan waktu hingga satu jam untuk membuat tulisannya cukup akurat didukung beberapa data yang bisa melengkapi informasi yang ia tulis. Atau lebih ... atau kurang ?
Bagaimana dengan anda?


----
Siapkan Diri
----
Terhadap apapun komentar yang mungkin akan kita terima, setelah sebuah tulisan kita posting di dalam blog. Tetap lah rendah hati dan tidak terpacu secara emosi bila terdapat komentar negatif yang bernada mengejek atau bersifat pendapat yang tidak setuju dengan cara pandang berfikir kita.


Setiap orang bebas mengeluarkan pendapatnya. Namun kita tidak selalu bisa berharap, mereka menuliskannya dalam tutur kata yang nyaman diterima semua pembacanya.


----
Manfaatkan Networking
----
Pelihara jalinan sosial, baik di dunia nyata maupun di internet. Hal ini akan membantu kita dalam mendapatkan informasi terbaru, memperkaya pengetahuan, hingga dapat mendapat ide baru dalam penulisan blog. Dengan begitu kita akan selalu mendapat ide ide segar.


----
Motivasi
----
Mengalami titik jenuh, karena terlalu lama ngeblog? Jangan sampai ...
Jaga motivasi dengan memperbaharui sumber sumber penulisan, sehingga semangat ngeblog tetap terjaga !! Lakukan perubahan bila gaya penulisan terkesan monoton. Menambahkan sedikit asesoris, atau apapun yang membuat anda tetap semangat menulis


----
Visi ke Depan
----
Apa yang terbayang dalam benak kita tentang blog yang kita miliki beberapa tahun mendatang? Visi apa yang kita miliki ke depan ?
Sempat terfikir? ...


----
Biasakan Diri Ngeblog
----
Bukan persoalan untuk menulis dan ngeblog. Blogging bukan pekerjaan ala karyawan yang rutin dari pagi hingga sore. Blogger yang baik, adalah mereka yang bisa menulis dan berkreatifitas kapan saja, tanpa ketergantungan waktu. Biasakan diri ngeblog dan temukan jati diri dalam menulis.


----
Keinginan untuk Belajar
----
Blogger yang baik adalah yang selalu menyediakan informasi terbaru bagi pembaca dan pengunjung blognya. Ini berarti kita diharapkan menyisihkan waktu untuk membaca blog lain, dan mengunjungi situs situs penting, membaca buku dan surat khabar. Majalah dan menonton tv. Kegiatan itu akan menjaga anda untuk tetap punya informasi dan pengetahuan yang baru.


----
Buka Fikiran
----
Jangan pernah malu untuk bertanya tentang sesuatu yang baru. Terbiasa dengan trend baru dan ide ide segar membuat pola fikir lebih berkembang.


----
Menjadi Seorang Guru
----
Di blog, kita tidak hanya bercerita tentang diri kita. Blog adalah bagaimana kita dapat berbagi apa yang kita ketahui, alami dan dirasakan kepada orang lain. Kemampuan untuk bercerita, layaknya seorang guru di kelas, merupakan satu ketrampilan yang payut dimiliki seorang blogger yang sukses.


----
Bersabar
----
Jangan pernah berharap dengan ngeblog, kita akan menemukan sesuatu secara instan. Diperlukan satu kesabaran untuk membuat blog kita menjadi sukses dan dikenal.


Tidak sulit bukan?
Atau anda malah semakin mengernyitkan dahinya? He he he ... lakukan sesuatu dengan cinta, dan langkah langkah itu terasa lebih ringan ..


Bagaimana dengan blog anda?

7 Fans Berat:

G mengatakan...

Setujuuu.. terutama poin-nya ngeblog itu kapan saja waktunya, tidak usah malu dibilang terlalu aktif, namanya juga menulis, ya tulis saja ketika ide mengalir. Thanks atas informasi ini, ternyata mbak serius mengelola blog. (^__^)

aanku91 mengatakan...

yang te2p paling penting menurut saya adalah kontiunitas td... tnp keberlanjutan, smua bkln sia2...

Atca mengatakan...

wah wah...
kiat2nya huebat banget mba...
setuju deh...tapi kalo penyakit malasnya datng..memang ide nulisnya ngga bisa keluar nih...gimana dong...heheh

suryaden mengatakan...

kiat-kiatnya bisa jadi 20 postingan, wahaha, keren...

reni mengatakan...

Siap gak siap harus siap nih, mbak... Soalnya terlanjur nyemplung dalam dunia ini hehehe..

Kuyus is cute mengatakan...

@Mbak G: hi hi semoga bisa serius. soalnya ada saatnya aku juga blank ide .. hiks hiks

@Aank: ya betul .. semoga gak kehabisan ide ya? harus aware sama lingkungan nich, biar terus hidup idenya

@Atca: yak betul .. itu yang terus kucari nich biar tetap hidup idenya

@Mas Suryaden: waa .. hebat bisa dikembangin lagi nich mas? he he he, saya masih menunggu ide lagi buat mengembangkannya ^o^

@Mbak Reni: Hehe .. semangat terus mbak .. kalau kita cinta sama blog, semoga nulisnya juga semakin ringan ya? bravo ...

Fanda mengatakan...

Wah tips kamu bisa bikin calon blogger lari terbirit2 tuh...bercanda kok! Semua yg kita cintai pasti akan kita tekuni, jd saranku pertama-tama: bertanyalah pd diri sendiri, km cinta menulis ga? cinta pada tema yg kamu pilih utk ditulis ga? Kalau ga, berarti blm siap jd blogger yg konsisten, kecuali mgkn klo blognya hanya tuk cari duit...