2009_05_27 Curug Ngumpet dan Curug Cihurang

Liburan panjang?
Kemana ya? .. sudah lama tak menjelajah Bogor dengan pemandangannya yang cantik. Kali ini aku dan suami mencoba meng-explore Gunung Salak Endah yang lokasinya masih dikawasan Bogor.
Tanpa berbekal banyak informasi dengan Mbah Gugel, perjalanan pun dimulai tepat pukul 09.30 pagi.




Melewati Jln KH. Sholeh Iskandar, melewati terowongan baru yang sudah "ditemani" coretan coretan tangan tangan jahil. Menelusuri Jln dramaga raya yang cukup padat oleh angkutan umum dan pasar pasar yang ramai. Nampak penjaja makanan dan tukang asongan memanfaatkan kepadatan arus lalu lintas untuk menjajakan dagangannya. Sesekali mata melirik dengan aneka makanan yang ditawarkan. Namun hanya sebatas lirikan ..



Nampak seorang bapak tua memanggul pisang bertandan, berjalan dengan kokoh dan meletakknya di satu sisi jalan. Sembari beristirahat, mengamati pisang yang mungkin hendak ia bawa pulang, atau akan ia jual ke pasar.




Ini merupakan sedikit gambaran tentang suasana perjalanan. Terlihat arus kendaraan umum yang berjalan cukup dekat membawa penumpang, Gunung Kapur, petunjuk arah menuju Leuwiliang dan akhirnya tiba di pertigaan Gunung Salak Endah.



Pemandangan gunung menjulang yang indah, bisa ditemui ketika memasuki areal persawahan yang luas. Dengan langit yang terang dan sebersit awan awan yang menyertai, Gunung Salak terlihat sangat megah. Disanalah beberapa curug itu berada. Mulai dari Curug Ciheurang, Curung Ngumpet, Curuh Cigamea, dan Kawah Ratunya yang indah.



Perjalanan ditempuh mulai dari pertigaan Leuwiliang sekitar 12,2km hingga sampai ke pintu gerbang Gunung Salak Endah. Namun tak semudah itu, perjalanan masih naik lagi ke atas ..
Sisi kanan dan kiri jalan, tentunya banyak rumah rumah penduduk dan lahan lahan yang digunakan untuk persawahan, dan berkebun. Beberapa areal yang tak terawat pun dapat terlihat disini.


Vila vila milik perorangan juga bertebaran ketika mulai mendekati lokasi curug. Mulai yang disewakan hingga yang dijual pun ada. Anda berminat?
Harga yang ditawarkan untuk semalam, berkisar dari Rp. 200.000 ke atas. Seperti apa bangunannya? ... silahkan survey sendiri. Itu hanya hasil ngobrol ngobrol dengan beberapa penduduk sekitar.


Penasaran ingin tiba di curug curug itu lebih cepat?




Ini Curug Ngumpet


Waduh kenapa namanya ngumpet ya? apa suka main petak umpet? he he he ..
Rupanya letaknya yang ngumpet. Karena dari pintu penarikan karcis *perorang Rp. 2000* hanya berjarak 100m saja. Jalan yang bebatuan, sedikit naik en turun .. terlihat sudah keindahannya dari kejauhan.


Perjalanan kedua, kami menghampiri Curug Cihurang. Yang ini tak terlalu special dibanding Curug Ngumpet. Hanya saja .. memiliki lahan yang cukup datar untuk bermain, tenda tenda untuk beristirahat dan kolam untuk berenang ..




Bahkan diantara lahan yang disediakan, juga dapat disewa untuk camping ground. Permalam dikenalan Rp. 3500 per orang. Mm .. tertarik juga untuk ramai ramai kemping disini bersama teman.


Tertarik ke sini?
Usahakan berangkat pagi pagi, sehingga hangat sinar matahari benar benar terasa beradu dengan dinginnya air curug. Mantap ...

Ikuti cerita selanjutnya di sini, sini, sini dan terakhir di sini

8 Fans Berat:

Dunia Polar mengatakan...

wah bagus bgt mbak tempatnya, aku pengen banget ke bogor cz ndak pernah kesana aku,huhuhu

reni mengatakan...

Jadi pengen maen kesana deh mbak.
Keren dan adem banget kayaknya...

dhimas mengatakan...

dari fotonya bagus baget tuh buat liburan, tapi kok sayang ya jauh banget dari kota ane

Fanda mengatakan...

wah lengkap banget foto sepanjang jalannya smp ke curugnya. Hmmm...rasanya seger banget ya ngeliat fotonya di siang yg pan as ini...

C.B.G. mengatakan...

Hi!

I pass your Enlish test ;) 20/24 correct answers - Upper Intermediate level :) Thanks for sharing!

I like this little waterfall :)
And also your main photo on the right, how did you make this frame and white effect arround you?

Hugs!
Anna

reni mengatakan...

Mbak.., ada award lagi utk mbak Kuyus. Aku gak bisa nulis di Shoutbox nih.. ^_^

arnold mengatakan...

Hai, Salam Kenal
sekedar membagi Informasi tentang penyewaan tenda dan alat-alat camping, pembuatan dan penjualan tenda,
Berkemah, Camping, kemping, Even, Wisata Alam, Mabim, Outbound Training, Tenda Dome, Tenda Sarnafil atau Tenda Kerucut;
silakan hubungi kami di http://www.tendaku.net atau http://www.mrcamp.net
email : tendakubandung@yahoo.com
thx..

Denny davindra mengatakan...

Info'y brmanfaat bgt! Klo dr jakarta brp jm y?