2009_04_21 Sedikit Tulisan Tentang Perempuan Indonesia


Gambar diambil di sini


Selamat Hari Kartini ..
Hari Kartini, identik dengan pawai aneka busana daerah yang diperagakan anak anak sekolah. Lomba busana kebaya terbaik dan prestasi yang dikaitkan dengan perempuan Indonesia.


Hari Kartini, identik dengan pencapaian perempuan Indonesia dalam meraih impiannya, potret perjuangan dalam kehidupannya, juga kemandirian nya.


Kartini kartini cilik pun giat mendemonstrasikan karya karya seninya. Semasa sekolah dulu .. beberapa teman teman perempuan asyik mengumandangkan sajak sajak kreasi mereka. Membacakan dengan mimik wajah yang serius, seru, juga sedikit tegang di depan panggung.
Mendemonstrasikan keahlian keahlian mereka dan menyajikan entertainment yang menghibur.


Apa refleksi seorang kartini dimasa sekarang?
Masih kah seorang kartini bergulat di dapur dengan debu debu asap hitam dan lelah oleh peluh rutinitas yang hapal karena kebiasaan?
Masihkah seorang kartini tunduk dengan aturan aturan yang mengatasnamakan gender dan memilih untuk berdiam diri?


Suara suara hati kecil akan berkata jujur bila sebuah pertanyaan itu dilontarkan dengan kepala penuh angan. Ingin seperti apakah kartini kartini muda saat ini?


Aku tak mengetahui banyak tentang kartini kartini remaja yang hidup dengan gaya hidup glamour dan mengejar trend kehidupan yang labil. Yang memandang satu kekayaan semata sebagai tanda kesuksesan sebuah pencapaian.


Namun aku mengagumi kartini kartini yang bertebaran diluar sana, yang hidup atas kegigihannya membangun bangsanya, melalui ilmu ilmu yang dibagikannya kepada cikal bakal penerus di bawah gerimis hujan dan teriknya panas.


Seorang guru yang setia mendampingi murid muridnya, ditengah kecilnya apresiasi bangsa dan masyakarat terhadap tanggung jawab yang dibebankan kepada mereka yang menjalankannya.


Seorang kartini yang belajar sambil bekerja, membiayai kehidupan dan sekolahnya. Membanting tulang demi keluarga walau harus mengorbankan impian diri dan indahnya cita cita.


Kartini kartini yang tumbuh dan berkembang menyiasati kemudahan ditengah kesulitan ekonomi, demi lancarnya perekonomian keluarga.


Kartini kartini yang tidak pernah berhenti mengenal teknologi dunia maya, ditengah sebuah persepsi yang didominasi oleh kaum lelaki.


Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi**wikipedi


Kartini tidak melepaskan atribut tugas dan tanggung jawabnya dalam menjalankan kodrat. Namun Kartini mengajak kaumnya untuk menaikkan derajat diri melalui ilmu dan kelebihan yang bisa digali demi satu kemajuan bersama.


Kartini kartini bangsa bermunculan mencetak satu dan lebih karya karya nya. Memberi inspirasi kepada kaum belajar untuk lebih dari sekedar kartini yang hadir sekarang. Seorang kartini tidak hanya memberi kelembutan bagi peran peran yang dipegangnya. Namun menggambarkan sentuhan kebijakan yang lebih "mendengar"kan lingkungannya.


Special Hari Kartini, bangkitlah .. perempuan Indonesia"

5 Fans Berat:

jase mengatakan...

Kartini mulu mana kartononya

GigiSehatBadanSehat mengatakan...

halo...linknya uda dipasang..tadi mau ngasi tau lewat shoutbox eror mulu..
coba cek lagi disini, uda bener lom?:
http://gigisehatbadansehat.blogspot.com/2008/11/links.html

erik214923 mengatakan...

Selamat hari kartini, semoga kartini kartini jaman sekarang bisa mencontoh semangatnya

JHONI mengatakan...

nah ini dia satu lagi kartini yang wara-wiri di dunia blogger....met hari kartini ya!?!?!

reni mengatakan...

Semoga aja semangat Kartini masih dimiliki oleh wanita-wanita Indonesia.
Semoga aja impian Kartini tidak disalah artikan oleh wanita-wanita Indonesia.