2009_05_03 Batu Akik


Gambar diambil di sini


Batu Akik ..
Pernah melihat bapak bapak tua menggunakan cincin batu akik segede gaban, di jemari tangannya? Mm .. aku juga sering mempertanyakan, apa gak ada cincin yang lain pak? he he .. pertanyaan polos ya?


Ya, soalnya apa menarik nya ya?
Terus terang anak muda toh kebanyakan menggunakan cincin bermotif metal, berbahan tembaga or platinun. Terutama yang wanitanya, lebih suka bermotif kupu kupu, bunga atau love. Apapun itu, selain batu akik ..


Tapi mengapa banyak yang menjual dan menggunakannya ya? Ternyata batu akik memiliki khasiat. Waduh? ...
Apa gerangan ? Kebanyakan untuk mencari jodoh dan mempermudah pergaulan. Mungkinkah untuk meningkatkan kharisma atau menambah rasa percaya diri? Adakah ini semacam susuk?


Cincin batu akik dijual dengan putaran harga Rp. 35,000 hingga Rp. 50,000 tergantung jenis batunya. Sementara kualitas Batu Akik Sulaiman ini banyak dicari peminatnya ..


Yuk kita telusuri, cerita tentang Cincin Baru Akik ini ...
Ternyata cincin batu akik ini macam macam jenisnya. Ada kecubung, pasir mas, biduri bulan, biduri sepah, kelulut (onyx), dll untuk pria dengan bahan pengikat besi putih. Cuma Rp 50.000/pc. Juga ada batu akik transparan berquote khan nama Allah, yang dinyatakan asli tanpa rekayasa.


Yang lebih mahal? Ada juga. Berlabelkan Rp. 500 ribu, batu akik susu ini memiliki urat logam dan memiliki kesan imut dan manis - sekaligus penuh kekuatan sangat indah.


Para kolektor senantiasa memburunya untuk sebuah keindahan. Sehingga sejumlah nilai yang membelalak mata pun tak menjadi hambatan untuk memilikinya. Sejenis batu ini bila setelah diproses akan memiliki motif mirip ikan, burung, orang, pemandangan dan sebagainya. Namun tak jarang juga yang kecele karena setelah diasah ternyata tanpa motif, alias biasa-biasa saja.


Batu-batu di atas seringkali disebut batu aji. Batu aji merupakan batu dari alam yang memiliki ciri-ciri tertentu, yang jika dibentuk, direkayasa, dan diasah sampai mengkilap bisa menjadi perhiasan. Batu aji bisa dipakai untuk cincin, liontin( kalung), anting-anting, dan aksesori lain. Jenisnya batuannya juga beragam, misalnya agate (akik), ruby, amethyst, emerald, dan sebagainya.**sinar harapan


Jangankan harga dibawah satu juta, yang berharga sampai 100 juta keatas juga ada. Tentu memiliki kelebihan dalam hal motif yang menyerupai bentuk atau tulisan tulisan yang dipercaya memberi keberuntungan bagi pemiliknya. Ternyata batu kali pun dapat diolah menjadi batu akik, tergantung bagaimana pengolahannya. Seperti yang tertulis di sini, terdapat forum khusus penggemar batu akik, dan beberapa gambar batu akik yang memiliki motif motif tertentu.


Tak bedanya dengan pelawak Tessy, yang biasa kita lihat selalu menggunakan batu akik, di jemarinya. Ia mengakui penggunaannya membuatnya lebih "lelaki" walah tak mendewakannya. Beberapa ia beli, walau sebagian ia dapatkan melalui pemberian dari banyak orang.


Rupanya, pengrajin batu akik ini banyak juga di Bengkulu. Walau pasarnya masih lokal, namun batu yang dihasilkan cukup beragam. Untuk batu akik jenis kecubung dan sulaiman yang terbilang langka, harga dibuka dengan pasaran Rp. 50,000-Rp. 75,000.


Menurut info, batu akik memiliki khasiat, terutama lima warna utamanya yaitu merah, hijau, kuning, hitam, dan putih. “Sesuai dengan kepercayaan orang Jawa, lima warna itu dapat memengaruhi kekuatan lima pancaindra manusia.**mindustry
Untuk mendapat koleksi batu batu akik, bukanlah hal yang mudah. Namun disitulah letak tantangannya. Setidaknya itu pengakuan dari pengagum batu akik. Beberapa diantara macam batu akik adalah blue safir, pancawarna, king safir, merah delima, batu mulia dan lain-lain. Dimana menurut sejarahnya, batu akik dibuat dari bahan baku seperti Jasper, Fosil Kayu, Kalsedon, dan Pasir Kwarsa.


Beberapa mitos kekuatan Batu Akik :
----
Pengasihan
----

----
Memancarkan pesona asmara, dan kasih sayang walaupun pemakainya memiliki wajah tidak tampan
----


----
Memberikan rasa tentram bagi rekan kerja, pacar, istri maupun teman pemakai batu akik mustika ini.
----


----
Memunculkan aura dimana kita disayangi orang-orang disekeliling kita.
Kewibawaan
----


----
Memberikan dan Memancarkan energi kharismatik, walaupun terlihat menyenangkan tetapi juga dihormati dalam kesehariannya.
----


----
Menimbulkan rasa percaya diri dihadapan khalayak, pimpinan maupun anak buah dikantor
Penaklukkan
----


----
Dalam berkomunikasi atau negosiasi dapat membuat lawan bicara sangat percaya, kagum, dan tertegun dengan apa yang diucapkan.
----


----
Bagi orang yang diajak berkomunikasi akan dengan mengikuti saran yang kita sampaikan.
----


Wah, kalau ujung ujungnya sudah begini bisa bisa, menyalahgunakan arti/manfaat cincin itu sendiri, bukan? Padahal semua ketentuan yang diharapkan, bisa didapatkan tanpa sebentuk benda mati yang menyelip di jemari kita.


Tapi itu dikembalikan lagi kepada pemilik/ yang bersangkutan. Bila itu digunakan sekedar untuk keindahan, tentu akan menghasilkan keindahan pula bagi penggunanya. Namun bila diniatkan untuk hal yang berbeda, .. kita serahkan saja kepada Empunya Langit yang memberi kuasa.




**Related posts:

6 Fans Berat:

Polar mengatakan...

wedew....tp klo sayah pke tuh, aneh mbakk...
gmn klo sayah sarankan biar mbak pke itu, kayak tesi gitu? ayo mauuu??

erik3595 mengatakan...

Orang tua dulu memang suka pake batu tsb. Kalau anak sekarang jarang yg mau pake

Pondokku

Kuyus is cute mengatakan...

@Polar: hi hi nanti malah kegedean cincinnya dibanding orangnya ... maklum saya khan kecil orangnya .. hue he he

@Mas Erik: Iya ya mas, anak anak sekarang jarang terlihat menggunakan cincin akik.

Yoes Menoez mengatakan...

Salam kenal Kuyus...(namanya lucu banget, itu artinya kurus ya, tp gak kuyus keying kan?)
Menurut saya, org pake sesuatu dan merasa pe-de atau ada perasaan gimanaaa gitu, itu adalah sugesti. Kayak batunya Ponari itu lho, krn dipercaya bisa menyembuhkan ya akhirnya berduyun-duyunlah org ke sana.
Kl anak2 skrng gak suka pake, krn tren skrng bkn batu akik yg bkn pede, tp apa ya...? Blackberry mungkin ya, he he...

reni mengatakan...

Bener mbak.., anak muda sekarang udah jarang yang pake batu akik. Mungkin kalau mereka tahu ada mitos "pengasihan" di batu akik itu.., pasti mereka akan berbondong-bondong membeli akik mbak. Hahahaha

Anonim mengatakan...

akik memang menarik sekali, cincin batu akik saya punya ada wajah seorang lelaki tua berjanggut panjang. Masa kali pertama saya pakai cincin ni terasa panas kurang senang gitu lama kelamaan sudah sebati.