2009_05_04 Permainan Masa Kecil


Gambar diambil di sini


Menilik tayangan tivi .. rupanya tayangan asal usul Trans 7, membicarakan tentang bambu yang bisa dijadikan berbagai macam manfaat. Salah satunya dibuat engrang.
Mm .. siapa pernah main engrang???


Aku belum ..
Hi hi hi .. mungkin dibilang takut, .. bisa jadi, karena toh aku takut ketinggian, dan aku sudah terbilang cukup tinggi.


Engrang, tak lepas dari permainan anak anak, yang tak lepas dari acara acara besar seperti perayaan 17 Agustus. Ketertarikan dari sebuah engrang itu tumbuh dari rasa ketika memainkannya. Yang membutuhkan keberanian dan perasaan dipacu untuk bisa tampil di depan, tanpa boleh jatuh.


Sedangkan engrang adalah permainan terbuat dari kayu atau bambu yang ditengahnya terdapat pijakan kaki. Orang yang menggunakan engrang harus menaiki kayu tersebut dengan memijak pijakan engrang serta memegang ujung atas engrang, lalu berjalan. Dibutuhkan keseimbangan untuk berjalan diatas engrang ini.**mahendraoki




Ngobrolin tentang permainan masa kecil .. di sekitar rumahku dulu banyak sekali dilakukan banyak permainan. Petak umpet, benteng, lalu pukul batu sejauh mungkin *lupa namanya* yang kalah harus menggendong lawannya di punggung dan berjalan sejauh yang ditentukan, bolak balik. Hi hi .. cukup melelahkan ketika aku harus menggendong lawanku yang berat. Bakalan jatuh bangun dech ... he he he


Selain itu ada permainan lompat tali, main karet dan apa lagi ya? ...
Kalau bermain lompat tali, aku suka jadi anak bawang, karena spesialisasiku cuman megang tali doank ... ha ha ha
Masih adakah permainan permainan masa kecil itu menurun -mewabah di kalangan anak anak kecil jaman sekarang? apa sudah hilang ditelan budaya bermain PS dan game komputer?


Dulu bapak suka mengajakku bermain halma, monopoli hingga kartu remi dan gaplek. Mantap sekali .. buat hiburan murah meriah dengan keluarga. Lucunya, kalau aku bermain, bila kalah, aku pasti menangis. Ha ha ha ... namanya juga anak anak. Sementara bila aku menang, wah bahagianya luar biasa sekali ... ha ha ha


Akhirnya bapak mengajariku cara bermain halma agar bisa menang. Dan tidak lupa cara bermain gaplek dengan perhitungan. Oh ya, aku juga pernah main layangan .. secara kakakku satu satunya lelaki, tentu permainan cowok lainnya adalah bermain kelereng dan mobil mobilan yang terbuat dari kayu. Waduh .. banyak juga ya permainan masa kecil?


Diantara semua permainan yang pernah kumainkan, aku lebih suka .. mm .. apa ya? tidak tahu juga. Semua suka .. selama teman temannya banyak dan semua bisa ikutan bermain dibarengi dengan gelak tawa.


Aku juga pernah dibelikan piano kecil, tapi rupanya aku tak terlalu berbakat bermain piano, secara pelajaran not balokku jeblog terus. He he he ..
Yang kusuka adalah menulis dengan beberapa temanku, dan puisi yang sempat dimuat di majalah salah satu instansi kursus bahasa asing.


Apa permainan kecil anda, yang menjadi favourite?

8 Fans Berat:

PoLaR mengatakan...

lho knp mbak kok jd anak bawang?? bukannya dr dlu anak enyak n bapak manusia???? :p

Kuyus is cute mengatakan...

@Polar:
hi hi iya enakan anak bawang .. gak dimarahin kalau gak bisa main. he he he

erik4598 mengatakan...

Wah ini mainan waktu masih kecil, sekarang masih ada gak ya?

Pondokku

Mila Said mengatakan...

anak bawang bau bawang donk.. hehehehehee...

Kuyus is cute mengatakan...

@Mas Erik:
iya ya, maish ada gak ya mas? kalau 17 an sich, kadang suka ada

@Nenek Mila:
hue he he ...pa khabar nek!! miss yuuuuuu

antown mengatakan...

dulu sih takut, sekarang enggak sama itu. tapi permainan itu sudah jarang ditemukan di kampung.

mau bikin sendiri juga gak bisa. apa perlu pesan ya? hehe... mengingatkanku

salam kreatif!!

Kuyus is cute mengatakan...

@Antown:
aku bahkan tak bisa membayangkan naik engrang. hi hi .. apa jadinya ya?

Salam kreatif juga !!

reni mengatakan...

Permainan masa kecil yang kusuka : main dakon !! Tahu dakon kan, mbak..
Aku juga suka main lompat tali (talinya dibuat dari karet gelang yang dirangkai).
Jadi kangen dengan masa kecilku nih, mbak...