2009_05_08 Kalimat Kalimat Bijak




Sesuatu yang berasal dari hati akan selalu singgah di hati pula**kata bijak


Anda pengagum kalimat kalimat bijak?
Quote quote yang disampaikan orang orang besar begitu mengilhami kita dalam menyemangati hari. Apa kalimat bijak kesukaan anda? Tentu banyak ..


Dulu sewaktu kecil, aku dan teman temanku suka bertukar menulis data diri dalam sebuah buku diary kecil. Ada, nama, alamat, tanggal lahir dan lainnya. Tak ketinggalan kata kata mutiara pun terselip dibarisan terakhir. Mm .. paling sulit menemukan kata kata mutiara ketika itu ..
Tapi tidak di sini. Sampai pusing pun .. berderet kata kata mutiara tertera disitu.


Rata rata tentang cinta, seperti tertulis di sini. Tentang semangat hidup, tentang kegagalan dan cara kita menyikapi masalah. Begitu luasnya kalimat bijak itu bisa didapat, dari sesuatu yang sangat sederhana, atau bahkan dari sesuatu yang tak sempat terfikir oleh kita.


Cinta indah seperti bertepuk dua tangan, tak akan indah jika hanya sebelah saja


Sebuah kalimat bijak, pun tak lepas dari cerita cerita bijak yang mengilhaminya. Suatu hari seorang ayah dan anaknya duduk berbincang bincang di tepi sungai. "Lihatlah anakku, air begitu penting dalam kehidupan ini," ujar ayah kepada anaknya. "Tanpa air, kita semua akan mati".


Pada saat yang bersamaan, seekor ikan kecil mendengarkan percakapan itu dari bawah permukaan air. Ia mendadak gelisah dan ingin tahu, apakah air itu yang katanya begitu penting dalam kehidupan ini. Ikan kecil itu berenang dari hulu sampai ke hilir sungai sambil bertanya kepada setiap ikan yang ditemuinya.


Ternyata semua ikan tidak mengetahui dimana air itu. Lalu ia berenang menuju mata air untuk bertemu dengan ikan sepuh yang sudah berpengalaman, dan menanyakan hal yang serupa," dimanakah air itu?"


"Tak usah gelisah anakku," sapa ikan sepu berujar. "Air itu telah mengelilingimu, sehingga kamu bahkan tidak menyadari kehadirannya. Memang benar tanpa air, kita akan mati." Apa art cerita tersebut bagi kita? Manusia kadang kadang mengalami situasi seperti ikan kecil, mencari kesana kemari tentang kehidupan dan kebahagiaan. Padahal ia sedang menjalaninya. Bahkan kebahagiaan sedang melingkupinya sampai sampai dia tidak menyadarinya.
----


Darimana sebenarnya kalimat bijak itu timbul, tumbuh dan dapat diterima pengagumnya? PENGALAMAN !!
Ya pengalaman hidup yang bersumber dari "percobaan", kegagalan dan keberhasilan yang menyertainya. Ibarat satu eksperimen laboratorium. Dengan ramuan dan bahan kimia yang digabungkan satu persatu satu, tentu akan memberikan satu kesimpulan terhadap percobaan yang diakukannnya.


Begitu pula dengan pengalaman hidup. Bukankah setiap hari kita terus belajar akan banyak hal? Baik dari anak anak yang baru saja memulai mengenal dunia, sampai kepada usia senja yang tak pernah berhenti belajar mencari makna kehidupan.


Orang yang luar biasa itu sederhana dalam ucapan, tapi hebat dalam tindakan**confusios


Kalimat bijak pun, sering kita sisipkan dalam bentuk ucapan ucapan di hari raya, atau moment moment penting lainnya. Seperti ketika perayaan ulang tahun, hari kasih sayang, hari ibu dan banyak lainnya. Untuk sekedar memberi semangat, memberi kesan indah dan tulus serta menunjukkan perhatian lebih dari pengirimnya.
Sahabat yang sejati adalah orang yang dapat berkata benar kepada anda, bukan orang yang hanya membenarkan kata-kata anda.


Mm ..
Kalimat bijak tak akan pernah lepas dari keseharian kita ya. Disaat kita jatuh, lupa, khilaf atau bahkan marah, sebuah kalimat bijak sanggup meneduhkan ratapan penyesalan dan kembali memberi gambaran kuat tentang motivasi dan semangat hidup.


Aku menemukan satu penggalan kalimat yang selalu menguatkanku,
Seorang yang besar adalah yang mampu melihat masalah itu kecil. Namun Seorang yang kecil, adalah yang sering melihat masalah itu besar.


Tantangan datang untuk membuat kita kuat, bukan untuk membuat kita lemah


Tiap tiap individu akan memiliki respon yang berbeda beda terhadap satu kalimat bijak yang ditemuinya. Ada yang langsung tersentuh, karena berkaitan dengan tantangan hidup yang tengah ia hadapi. Dan ada yang menganggapnya biasa, karena sesuatu yang sudah ia pahami sebelumnya.


Saat ini, kalimat bijak apa yang sedang anda renungi maknanya? Sampaikanlah kebaikan, walau sekecil apapun ...


Kebesaran seseorang tidak terlihat ketika ia berdiri dan memberi perintah, tetapi ketika ia berdiri sama tinggi dengan orang lain dan membantu orang lain untuk mengeluarkan yang terbaik dari diri mereka guna mencapai sukses. ** G. Arthur Keough, Pendidik


Tindakan Anda memiliki kekuatan yang lebih dahsyat untuk mempengaruhi orang lain dari pada perkataan Anda. **Oliver Goldsmith, penyair


----
Related posts
----

4 Fans Berat:

JHONI mengatakan...

saya punya kalimat bijak yang bahkan sampai saat ini selalu saya ingat.....

"teman adalah mereka yang tetap disini saat seluruh dunia berpaling dari kita"

tapi saya lupa liat dan baca dimana!!!

reni mengatakan...

Mbak..., sering-sering dong nulis kata-2 bijak disini..
Aku dulu waktu kecil koleksi kata-kata mutiara / kata-kata bijak lho.
Tapi entah melayang dimana buku catatan-ku itu hehehe...

Ari mengatakan...

He..he..he..
Untuk saat seperti sekarang kata bijak kayaknya harus digalakkan lagi. Sekarang banyak dari kita terlalu banyak menggunakan kalimat tendensius, menghasut, bahkan menghujat. Bisa dibayangkan bila seorang marah tapi yang keluar dari mulutnya adalah kata-kata bijak. Damailah dunia.

wening mengatakan...

keren mbak^^