2009_05_16 Arisan .. Apa hanya Milik Ibu Ibu?

GAK .. hanya ibu ibu loh yang doyan arisan !!
Buktinya di film bertitel ARISAN, yang datang juga ada cowok cowoknya. Kalau soal mayoritas .. ya, perempuan lah yang doyan arisan.


Lah tumben kali ini ngobrolin arisan? Emang mau ngajak arisan ya? Hue he he ..
Gak dooonkkk ...


Gambar "Arisan" diambil di sini
Ceritanya beberapa hari yang lalu, aku baru ber-arisan ria dengan beberapa keluarga. Menyambung tali silahturahmi dan saling mengunjungi. Melihat perkembangan dan saling menanyakan khabar. Rasanya ini bagian yang dianjurkan Nabi, yaitu saling mengunjungi ..
Selain kekerabatan semakin akrab, tentunya tali silsilah tidak hilang begitu saja.


Apa saja sich yang biasanya dipersiapkan dalam arisan?
Sederhana nya memang hidangan untuk menjamu tamu dan kerabat yang datang. Tak perlu mewah apalagi berlebih. Yang penting kebersamaan tetap terjalin.


Lalu dana arisan, setelah dirundingkan berapa dana yang siap dianggarkan untuk dikumpulkan. Kekuatan keuangan masing masing orang tentunya berbeda beda, alangkah baiknya bila tidak memaksakan diri untuk mengeluarkan sejumlah dana hingga melebihi kapasitas yang disanggupi. Kembali ke tujuan semula, tentang kebersamaan dan menyambung tali silahturahmi, selain merupakan ajang "menabung" selama tidak tergoda untuk keperluan lain.


Itu pesan positifnya yang bisa disampaikan ...
Namun ada gak sich cerita negatifnya kalau arisan? He he ...
Tentunya ada. Pertama jadi ajang untuk memamerkan kelebihan. Tentunya perkembangan positif yang dialami beberapa anggota arisan, bila tidak disingkapi dengan rendah hati dan kebaikan, akan berbelok arah menjadi cerita yang berkesan memajang profile diri. Tentu karena tidak semua diantara mereka memiliki keberuntungan yang berlebih.


Kedua, jadi ajang bergosip.
Yang ini memang tidak bisa ditolak. Namanya juga kumpul kumpul. Pembicaraan politik dan sampah yang menjadi dilema warga kota, tentu tidak menarik untuk menjadi topik hangat dalam arisan, bukan?


Ketiga, ajang berdagang.
Mungkin termasuk fasilitas lebih. Beberapa kalangan tertentu melebarkan makna arisan untuk ajang berkumpul dan berdagang apa saja. Seperti baju, perhiasan atau apa saja yang menjadi ketertarikan. Waduh .. gimana mau menjadi ajang menabung, kalau toh akhirnya pundi pundi itu banyak bocornya?


Buat yang agak susah menabung, tentu arisan cukup membantu dalam hal mengumpulkan dana guna investasi. Namun hasil yang diberikan adalah sama dengan iuran atau penyisihan dana yang bisa kita lakukan sendiri, karena di dalam arisan tidak ada kelebihan dana sebagaimana asuransi atau menabung di bank.


Terutama karena dana arisan itu datang melalui pengocokan/pengundian, sehingga tidak dianjurkan untuk mengandalkan dana arisan sebagai satu investasi lebih atau tabungan yang sewaktu waktu dapat diambil manfaatnya. Dana arisan dapat terjadi bila terdapat satu kelebihan dana, yang tidak menganggu alokasi dana penyimpanan.


Arisan adalah sebuah kegiatan mengumpulkan uang oleh beberapa orang dengan nilai yang sama. Uang yang terkumpul tersebut kemudian dimenangkan oleh salah seorang dengan cara mengundinya. Pengumpulan uang dan undian ini diadakan rutin secara berkala sampai semua orang mendapatkannya. **Perencana Keuangan


Arisan saat ini, sudah menjadi satu gaya hidup, terutama bagi ibu ibu. Tapi karena kesamaan profesi, hobby, dan lokasi, arisan ini bisa berkembang menjadi hal lain. Membangun jaringan dan komunitas tertentu hingga kepada social network yang luas dan ajang memiliki sesuatu dengan cara mencicil, seperti halnya di sini.


Tidak hanya arisan Rt, Rw, arisan keluarga, arisan kantor .. arisan dunia maya atau yang disebut dengan arisan online, namun juga ada arisan desa. Yang dijadikan sarana iuran adalah beras. Kebersamaan itu dimulai dengan keberangkatan bapak bapak di wilayah pedesaan menuju satu rumah yang telah ditunjuk menjadi tuan rumahnya. Mm .. unik juga ya?


Bagaimana dengan arisan di sekitar rumah, anda?
Ada yang ikut?


----
Related posts
----

3 Fans Berat:

Joddie mengatakan...

Sebenarnya ada sisi positif dan negatifnya juga yah... tapi menurutku unsur sosial dan keakraban (dan 'ikatan') adalah daya tariknya sendiri dalam arisan..

Kuyus is cute mengatakan...

@Mas Joddie:
Betul mas .. saya lebih suka yang itu. Lebih terasa maknanya .. ^o^

reni mengatakan...

Arisan di kampungku masih jalan secara rutin. Banyak juga yang hadir. Acara kumpul-2 bareng begini emang asyik juga..., apalagi kalo udah ngobrol jadi lupa waktu deh.