2009_04_02 Agar Ngeblog Menjadi Asyik ..


Gambar diambil di sini


Ini cuman sekedar copy paste, yang kudapat dari browse di sini.
Karena aku sering menemukan kendala dalam menemukan ide ketika ngeblog, maka tips triks berikut menjadi masukan buatku. Agar tak hilang dalam catatan, ya kuliput saja di sini. Siapa tahu teman teman blogger pun tersinpirasi karenanya.


"Ngeblog tak jarang hanya dilakukan sekadar aktivitas musiman bagi sejumlah blogger. Jika mood menulis datang blog tersebut bakal rajin dikelola, namun sebaliknya jika mood si pemilik blog meredup, aktivitas blog itu pun ikutan sunyi.


Hal inilah yang menjadi kendala terbesar para blogger untuk selalu exist di blogosfer. Nah, bagi yang tak ingin menjadi 'blogger musiman' ada baiknya menyimak wejangan dari perintis WordPress, Matt Mulleweg agar acara ngeblog Anda menjadi lebih asyik.


1. Fokus ke Passion
Dari sekian pengetahuan menggunung yang Anda ketahui, pasti ada satu atau dua topik yang benar-benar menjadi passion atau yang paling diminati. Cobalah untuk meramaikan halaman blog Anda dengan passion tersebut, mau itu bidang fotografi, teknologi, bisnis atau yang lainnya.


Pasalnya, menurut Mullenweg, dengan semakin seringnya Anda menuliskan topik tersebut, secara tak sadar Anda akan lebih mahir di bidang itu. "Sebab, Anda akan membicarakan dan meng-update pengetahuan mengenai hal itu setiap hari," ujarnya.


2. Jangan Menutup Diri
Menulis di blog juga tak sekadar sharing pengetahuan. Sekadar sharing perasaan yang tengah Anda rasakan juga dapat melatih kemampuan ngeblog Anda. Sedikit narsis memang, tapi cobalah untuk melakukan hal ini, karena nantinya Anda akan terbiasa untuk berbagi di blog terhadap sesuatu yang Anda anggap menarik atau rasakan.


3. Kunjungi 'Tetangga'
Dunia blog amatlah luas dan tak terhingga besarnya. Layaknya manusia yang hidup di dunia nyata, 'kehidupan' di dunia blog juga tak terlepas dari interaksi dengan blogger lain.


Dengan melakukan 'jalan-jalan' santai di blog orang lain, wawasan Anda pastinya juga akan diperkaya. Tak hanya dari sisi pengetahuan, namun Anda juga bisa mengintip gaya tulisan hingga desain blog orang lain yang bisa diadopsi di blog Anda.


4. Practice Makes Perfect
Melahirkan gaya tulisan yang bagus dan khas sesuai cita rasa Anda tentunya tak bisa didapat dalam waktu singkat. Hal ini harus diiringi dengan latihan sesering mungkin yang jika sudah rutin dilakukan akan membuat tulisan Anda terasah dengan sendirinya.


Agar latihan menulis ini tak dianggap sebagai beban, anggap saja aktivitas ngeblog sebagai ajang untuk mencurahkan isi hati. "Kalau sudah berjalan nanti akan terbiasa sendiri dan tak akan merasa seperti melakukan pekerjaan," tandas Mullenweg ketika ditemui detikINET di sela WordCamp Indonesia 2009, di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta.


Sudah tahu kan tips triknya? 
Ayo giatkan lagi kegiatan ngeblog Anda!"

5 Fans Berat:

Jhoni20 mengatakan...

hm...hm...hm naizzz tips dari mba' kuyu......patut dicoba nih.....tapi kalo saya nulis males kalo ngambar baru seneng hehehehe...

btw the first nih!!!!

Kuyus is cute mengatakan...

@Jhoni: ha ha namanya juga mr komik .. ha ha. aku digambarin donk, bikin karikatur yang unik .. buat dipasang di blog. biar seru .. he he

reni mengatakan...

Yups mbak..., beberapa tip sudah dipraktekkan dan ternyata emang ngeblog jadi makin asyik tuh...

Kuyus is cute mengatakan...

@Mbak Reni:
Alhamdulillah, ngeblog emang menyenangkan ya ...

keep smile mengatakan...

memang sangat asyik sekali ..
salam kenal sekali