2008_02_14 Ayo Menulis Dengan Sederhana


Gambar diambil di sini 
Menulis ..
Yuk kita belajar menulis !!
Tidak hanya sekedar mengukir huruf demi huruf, sebuah nama, dan kalimat, tapi juga merangkai barisan cerita yang panjang.


Yang dimaksud dengan menulis secara efektif adalah proses mengolah artikel dari awal, yang bermula dari sebuah ide, menjadi artikel menarik yang enak dibaca, gampang dipahami, dan selesai dalam waktu singkat. **MangoAddict


Mm .. sebagian orang tak begitu antusias dengan menulis. Banyak bercerita, namun ketika hendak berbagi dengan tulisan, rasanya mati kutu. Apa ya yang mau ditulis?
Begitu juga denganku. Mendapat sebutan miss cerewet dan lumayan bawel karena banyak nanya, tukang protes en tukang ngambek *loh apa hubungannya yang ini??@#$* . Ketika dituntut untuk menulis, aku menjadi ngalor ngidul tak menentu. Tak punya kerangka tulisan, apalagi isi cerita.


Beberapa kali aku mencoba menulis cerita pendek, namun hilang begitu saja di tengah cerita. Rasanya aku belum bisa sama sekali menjadi seorang penulis yang baik. Padahal itu merupakan cita citaku, untuk bisa menjadi seorang pengamat yang menuliskan banyak hal di sekitarku. Berbagi point of view dan membuka diskusi tentang kehidupan dan kesejahteraan masyarakat.


Hi hi .. kalau bicara soal cita cita, mungkin mauku banyak ya ..
Tapi kalau soal menulis, aku baru bisa menuangkannya di sini *lagian masih banyak mengutip tulisan dan pola fikir orang* serta barisan barisan kecil puisi yang ringan.

Aku betah berlama lama di depan komputer dan mencari, tulisan apa yang kelak akan kuposting besok ya? Melalui blog walking atau membuka catatan kecilku, berbaris beberapa ide ide yang kucatat ketika sedang berada dimana pun ide itu hadir ..


Saran dari beberapa penulis buku, 'secara' ide ide itu bisa hadir dimanapun berada, disarankan membawa 'bekal' berupa buku catatan kecil yang bisa 'menjaga' banyak ide untuk dirangkum di sana. Mm .. kebetulan ide paling cemerlang datang ketika 'berlabuh' di toilet .. so, musti buru buru ditulis sebelum hilang dan pergi tak kembali. *halah lebai*


8 Trik Untuk Membuat Posting Jadi Menarik:
  • Opini Yang Bertentangan
  • Topik Orisinal
  • Tajuk Artikel Yang Aneh/Menarik
  • Pemanfaatan Visual
  • Lucu & Humoris
  • Jadi Yang Pertama
  • Beri Balasan Komentar Secara Pantas
  • Singkat, Padat dan Berisi ** Mango Addict


Banyak dijumpai di toko toko buku, beberapa tulisan menarik tentang bagaimana mudahnya menjadi penulis *cenderung penulis cerpen atau novel*.
Tapi difikir fikir, bisa menulis satu artikel saja sudah bagus, kalau cerpen rasanya daya hayal itu belum terlalu jauh membayangkan satu jalan cerita yang lurus dan menarik untuk dibaca *walaupun .. kenapa tidak*


Tapi eniwei, aku ingin bisa berbagi sedikit ilmu, bagaimana sich menjadi penulis. Bisa memulai satu tulisan, hingga menjadi satu cerita yang layak dipublikasikan dan berguna bagi pembacanya.


Menurut pengarang best seller novel Andrei Aksana dalam bukunya "Be a Writer Be a Celebrity", langkah awal untuk memulai penulisan adalah NIAT. Mm .. klise ya?
Semua tindakan tentunya dilakukan dengan niat. Pasalnya, .. jangan sampai niat di depan, tapi begitu mentok di tengah, langsung mundur, tutup buku dan mulai terlupakan.
Hayo semangat !!!


Menulis menurut Andrea, merupakan bentuk penyaluran kepuasan bathin. Dengan hati nurani tentunya akan menghasilkan karya yang berkualitas.


Penulis merupakan saksi zaman. Penulis berperan memotret keadaan yang terjadi pada masa itu melalui kata kata. Sering kali sejarah suatu bangsa ditelusuri melalui karya sastra.


Menjadi penulis dibutuhkan wawasan yang luas. Data/ bahan tulisan dapat ditemukan melalui referensi artikel dan buku buku. Bila diperlukan, diskusi diskusi sarana bertukar fikiran, atau bahkan turun ke lapangan mencari data, hingga bisa kembali berbagi pengetahuan, pola fikir kita, imajinasi, dan pengalaman. Dengan data yang cukup, diharapkan penulis mampu menguasai topik untuk disajikan kepada pembacanya.


Penulis mengemban tugas mulia sebagai guru bagi pembacanya **HB Jassin


Tahapan pertama dalam menulis adalah INSPIRASI. Ayo .. Cari inspirasi untuk mendapatkan tema/topik apa yang akan ditulis. Tak perlu tulisan dengan bahasan yang berat. Tak perlu tulisan dengan kalimat kalimat yang juga sulit diterima apalagi dimengerti pembacanya. Cari sesuatu yang sesederhana mungkin, yang ada di sekitar kita. Dengan data yang kuat, tentunya tulisan lebih mudah dicerna dan banyak sumbangsih bagi pembacanya.


JUDUL CERITA,
yang sederhana, mudah diingat, dan menarik perhatian pembacanya


ISI CERITA,
atau kerangka tulisan


STRUKTUR CERITA,
berlatar belakang masa lalu atau masa kini


KESIMPULAN,
akhir cerita yang merupakan rangkuman keseluruhan cerita.
Buatlah asumsi itu merupakan sesuatu yang sederhana, yang tak tergambarkan di awal dan tengah cerita. Namun sangat mudah diingat pembaca sebagai satu idiom yang ringan diterima.
Gunakan strategi breaking ice, dengan menempatkan kejadian besar/ peristiwa penting di adegan pembuka. Dengan begitu, tulisan terlihat menarik di awal cerita.
Buatlah tulisan dengan tema tema yang disesuaikan dengan moment moment yang tepat. Bila suasana sekarang bernuansa valentine, tulisan cerita tentang Hari Kasih Sayang dengan berbagai tema yang menarik. Dengan begitu, penulis akan lebih leluasa mencari inspirasi dan mengambang daya kreatifitas dan imajinasinya dengan baik.


HANYA DIPERLUKAN 1% BAKAT UNTUK MENJADI PENULIS, SELEBIHNYA ADALAH KERINGAT **Andrei Aksana


Mm ..
Bisa dimulai dengan menuliskan pengalaman pribadi atau menceritakan satu perilaku atau kejadian disekitar kita. Tentunya itu menjadi lebih mudah, karena kita sendiri yang merasakan dan melihat dengan mudah, untuk kembali diceritakan dalam bentuk tulisan.


Banyak media ekektronik yang menampung latihan latihan menulis, seperti forum forum dan komunitas menulis, diantaranya:



Belajar Menulis [dot] com



Menulis itu mudah [dot] com



Tutorial menulis



Tips menulis - www.fatihsyuhud.com



Tips penulisan Essay



Sudut Pandang


Banyak penulis unggulan mengatakan, "Menulis itu gampang". Tuliskan apa yang dibenakmu, lalu kembangkan sebagai satu cerita yang awalnya singkat, dan biarkan ia berkembang dengan kreatifitas dan daya hayalmu.
Tak mudah bagi seorang pemula untuk memberanikan daya imajinasi dan pola fikirnya terbaca oleh umum dan menjadi topik pembicaraan. Tak mudah juga bagi pemula, mengembangkan alur cerita yang didasari oleh alur alur yang belum beraturan untuk disajikan kepada pembaca.


Namun menulis bukan hanya untuk mendapatkan satu tepukan tangan dan akhirnya menjadi ribuan kritikan. Menulis adalah sarana belajar, untuk menganalisa sesuatu berdasarkan pemikiran, faham dan kondisi lingkungan disekitar. Prosesi benturan dan 'kepanikan' tentunya menjadi bagian dalam pencarian, ide, cerita dan bahan tulisan.


Tak menjadi masalah, bila waktu merangkak, menjadikan kita seorang penulis yang diterima oleh pembacanya. Siapapun bisa menulis, dengan sederhana.
Kekuatan seorang penulis *menurutku* bisa dilihat dari banyak sisi. Tak hanya caranya memainkan tutur bahasanya, kekuatan data dan alur cerita yang menarik, namun juga dilihat dari besarnya pemahaman pembacanya akan tulisan yang dirangkum, serta esensi penulisan itu sendiri. *sotoy ya*


Daripada ribet ribet, kenapa tidak mulai menulis dari sekarang?
1 paragraph tidak buruk untuk memulai segalanya ..

5 Fans Berat:

Joddie mengatakan...

wah.. makasih tips-tipsnya ya.. butuh banget aku..

G mengatakan...

Keren banget! Ini tulisan yang sangat berguna. Mari kita terus menulis (^_^)

Ketemuan yuk mbak, kapan2 hihi..

Erik mengatakan...

Tipa yang sangat bagus sekali mbak.
Jadi ngerti gimana jadi penulis yg baik

Kuyus is cute mengatakan...

Waduh .. saya jadi tersipu sipu sendiri ..
Mudah mudahan banyak gunanya ya .. senang bisa membantu teman teman sekalian .. he he .. *masih memerah pipiku*

reni mengatakan...

Aku jadi semangat nulis nih setelah abca postingan mbak Kuyus ini.
Hebat.... mbak Kuyus sedang banyak ide yach?? Posting terus nih.
Semangat ya, mbak !!