2009_02_14 Wisata Kuliner- Pecak Ikan Mas Sawangan Depok


Menikmati Pecak Ikan Mas di Rumah Makan Gandy - Sawangan


Hari ini ceritanya, aku 'merayakan' hari Valentine's ku bersama keluarga. Targetku adalah PECAK IKAN .... di Sawangan Depok *Wuihhhh ...*
Kebetulan Suami pernah kesana beberapa kali bersama "gank" nya dan mengagumi ke khas an kuah pecak yang diharumi oleh bumbu rempah rempah.



Wajah wajah kelaparan menanti hidangan


Perjalanan cukup panjang, melalui Jln Raya Lebak Bulus, hingga ke Sawangan Depok yang diwarnai oleh beberapa kali kemacetan di sisi jalan. Padatnya pengguna jalan dan lampu merah, menuntut kesabaran untuk bisa sampai disana.



TERNYATA ...
Rumah makan yang dibayang bayangkan begitu khas, atau setidaknya memperlihatkan tulisan/plang "PECAK IKAN" tak ada sama sekali. Bahkan cencerung seperti warung biasa yang berdindingkan bambu bambu bercelah. Namun tamu tamu yang datang terdiri atas mobil mobil yang memadati lahan parkir di depan. Dan dibelakang ... ??


Terdapat area parkir di belakang restaurant yang bersebelahan dengan rumah ber-asitektur betawi, milik si empunya restaurant. Area lesehan dengan rerumputan yang landai membuat suasana terasa hommy *serasa di rumah sendiri-home*


Tamu tamu yang datang cukup menikmati suasana. Tidak hanya mencicipi hidangan utama yang disajikan pemiliknya, namun juga banyak digunakan untuk ajang berkumpul dengan teman teman. Selain keluarga yang datang, lengkap bersama putra putri mereka, beberapa kolega kerja juga melengkapi meja meja besar, dengan lembaran lembaran dokumen kertas kerjanya.
*jadi mirip cafe ya, ada yang meeting juga*


Suasana di dalam restaurant terasa sejuk dan teduh. Dinding dinding batang bambu, meloloskan angin angin yang bertiup perlahan.


Kami mulai memesan hidangan utama yang disajikan, yaitu pecak ikan mas dan gurami.



Tersebutlah makanan khas Betawi dengan sajian utamanya ikan. Cara penyajiannya ada yang digoreng *ditemukan di warung pecak ikan lainnya* dan ada pula yang dibakar. Namun restaurant kali menyuguhkan pecak ikannya dengan terlebih dahulu dibakar. Lalu??


Hangatnya kuah bercampur rempah rempah dihanyutkan memenuhi piring bermangkok. Terasa jahe dan lengkuasnya, juga bawang merah dan putihnya, Daun salam *tidak diikutsertakan saat penyajian, namun aromanya tercium* dengan jeruk Limonya yang harum. Hangat !!


Apalagi bila sebelumnya, kita melakukan aktivitas olahraga, dengan peluh bercucuran, lelah tak berkesudahan. Namun dibayar dengan pecak ikan nan hangat di badan. Hidangan utama ini dibarengi dengan gorengan tempe, tahu dan bakwan jagung. Lalapan timun, kol dan daun poh pohan *my favourite* melengkapi kekayaan rasa nan menggugah selera.



Hidangan ini kami habiskan dalam waktu beberapa menit siang itu *ketahuan banget ya laparnya*. BUT .. yang belum pernah mencicipi PECAK IKAN, tak ada salahnya bila mencoba yang satu ini. Dijamin kenyang sesudahnya *halah lebai*





Rumah Makan GANDY
Lemi Suhaemi


Jln Raya Muchtar no.24
Bojongsari Kec. Sawangan
Depok
(0251) 8 613 214
HP. 0813 8361 5381


Rupanya pecak ikan, tidak hanya berkuah bening, ada juga yang berkuah kunyit, terlihat kental seperti berikut:



Gambar diambil di sini


Dengan olahan kunyit, jahe, kencur dan kemiri, asam jawa sereh juga lengkuas, serta beberapa bumbu masak lainnya, hidangan pecak ikan menjadi begitu kaya akan variasi cita rasa.

Gambar diambil di sini


Yang satu ini, hidangan Gurame kuah pecak dan Kuah Pucung Haji Nasun. Dari namanya yang khas Betawi, sajian ini menjadi buruan penikmat kuliner di wilayah Jagakarsa. Jalan masuk yang sempit dan tempat makan yang sederhana.


Rumah Makan Haji Nasun bukan saja terkenal dengan masakan khas Betawi yang lezat. Tempat ini juga ngetop sebagai ajang kongko yang asyik. Terlebih, sang pemilik selalu menyapa ramah tiap pengunjung. Siapa saja yang makan di sini, tak peduli pelanggan lawas atau yang baru sekalipun, semuanya disalami. Tegur sapa nan ramah ini tentu saja membuat betah.


Warung Haji Nasun
Jl. Kanfi II No.21, Sawah Jagakarsa
Telp: 021-7870016
Jam Buka: 09.30 - makanan habis

4 Fans Berat:

Erik mengatakan...

Wah keliatan nikmat dan menggugah selera makanannya mbak.

G mengatakan...

Mbak! Apa rahasianya bisa tetep langsing gitu padahal hobinya wisata kuliner terus? Hahaha... Ya ampun, saya jadi ngiler banget, nnti pas ada teman yg datang dari luar negeri saya bawa ke situ aja mbak, pasti dia seneng banget, juga yg bebek itu, wah.. yumi!!!

reni mengatakan...

Makanan lagi.... Bikin ngiler lagi... Repotnya kalo mau beli, tempatnya jauh banget, mbak.
Sedang hobby wisata kuliner yach ???

Anonim mengatakan...

wisata kuliner emang jossss...
salam http://miesehati.wordpress.com
akan berkunjung ke Situ Pengasinan - Sawangan - Depok