2009_02_17 Internet Sehat


Mendapat khabar dari teman blog, tentang "Internet Sehat", mengundang rasa penasaranku untuk mengetahuinya lebih dalam.


Kebetulan kemarin aku sempat mendengar iklannya di Metro Tv, namun aku kelupaan untuk mengikuti acaranya. Untung masih ada liputannya di web Ayo Ngeblog.
Wah rupanya ada kompetisinya juga .. "Internet Sehat Blog Award". Siapapun berkesempatan untuk ikut, yang tentunya persyaratan utamanya adalah memiliki blog.


Mengingat, aku baru saja memulai dunia per blogging an ku, timbul rasa maju setengah, mundur setengah. He he ..
Maju setengah, karena ingin mencoba yang namanya kompetisi *belum pernah sich sebelumnya*. Mundur setengah, karena gak pede dibanding blog blogger blogger lain yang lebih inspirative, kreatif dan komunikatif. Belum lagi, mereka sanggup menjaring begitu banyak komentar komentar dari rekan rekan blogger lainnya, dan berinteraksi di dalamnya.


Satu alasanku ingin mengikuti kompetisi ini, tak terlalu muluk muluk. Ingin mengukur sudah sejauh mana blog ku ini dapat diterima pembacanya, dan sudah sejauh mana "kesehatan blog" ku masuk daftar sehat para juri.
Setidaknya, kekurangan yang ada bisa kutemukan diantara masukan dan kritikan yang diberikan.
Inti dari pembuatan blogku awalnya, merupakan ajang menulis saja . Mencoba menjadi wartawan kecil, dengan liputan liputan yang selintas kutemukan dengan daya imajinasi penulisanku. Tak ada data yang detail, tak ada wawancara. Mungkin malah dibilang cenderung diary online menjurus narsis blog. Hue he he ..


Akhirnya aku mencoba menuliskan liputan liputan di luar ke narsis an itu sendiri. Seperti liputan wisata kuliner , dimana aku dan keluarga yang menjadi "Pak Bondan Winarno nya". Mencoba memberi ulasan sosial tentang fenomena Valentine yang sarat pro dan kontra *banyak kontra malah yang diterima* hue he he ..


Mencoba berbagi sebuah impian dalam, "Ayo Menulis". Berbagi cerita dalam resensi film film Box Office yang ku tonton. Bertutur tentang perjalananku dengan camera kecilku, di Monumen Nasional, Pantai Carita, Taman Buah Mekarsari, Air Mancur Menari, dan lain lain.


Berbagai variasi cerita, memperkaya semangat ku untuk mencari dan terus mencari tema tema baru yang tak jauh dari sekelilingku. Hingga ku betah berlama lama berada di depan komputer tanpa merasa jengah, atau bosan.
Inilah duniaku .. menulis dan berbagi diantaranya.


Aku mencoba untuk melatih pola pola penulisan, terutama kosakata yang terasa masih minim dan itu itu saja. Pola penulisan yang membuka topik di awal paragraph, identifikasi tema, penjelasan pribadi, baru dikaitkan dengan sumber sumber lain yang berhubungan.


Kekuranganku, masih jelas terlihat pada pengolahan bahasa dan data di dalam sebuah penulisan dan penyajian nya.
Aku masih harus banyak blog walking untuk bisa mengerti cara cara berfikir blogger lain yang berbeda, cara mempersunting kalimat kalimat sederhana namun mudah diserap pembacanya. Bahkan, menyederhanakan sebuah kisah, dengan asumsi yang jelas dan gampang diingat.


Wow .. seandainya aku bisa menjadi seorang Dewi Lestari ... he he
Tentunya, duniaku akan lebih dari seorang penulis, mampu membahasakan tiap detik perubahan menjadi buku buku yang asyik untuk dinikmati. *Lebai gak sich* He he ..


Eniwei ..
Soal kompetisi tersebut diatas, mudah mudahan bisa memacu semangat menulisku menjadi lebih baik, variatif dan sarat ilmu bagi pembacanya ..
Anda ikut juga yukk ...

7 Fans Berat:

G mengatakan...

Wah klo menurut saya blog ini cocok banget karena informasi di dalamnya sumber2nya jelas, faktual, bukan tok opini tanpa back up (seperti yg sering saya lakukan karena males riset--hehe), saya belajar banyak banget dari blog ini, dan kagum dengan keseriusannya mengolah sebuah topik. Dan ide-nya mengalir dengan jelas banget.

Kalau soal komentar mbak, yah itu sih soal rajin2 blogwalking aja dan mengomentari oranglain maka katanya akan dikomentari juga, hehe.. Walaupun kalau bagi saya, saya lebih suka mampir ke blog2 favorit saya, karena cenderung bisa komentar panjang2 sangking tertarik dengan cerita dan artikelnya, hihi..

Dan, saya sebetulnya suka yg kolom komentarnya dijadikan kolom diskusi untuk topik yg dibahas tersebut. Itu tuh mbak yang jadi cita2 saya, huehuehuee... Tapi saya sendiri kadang keteteran dalam membalasi komentar, soalnya tulisan saya sejauh ini memang masih kental dengan unek2 pribadi siy..

Oh ttg komentar tidak enak yang dialami di blog, saya belum pernah memang mengalaminya, yg kemarin saya alami adalah teman usil yg ga sadar bhw bisa menyebabkan gosip yg ga enak, hehe, juga bagi saya pribadi terasa ga nyaman sebab yg baca blog saya adalah org2 yg juga saya kenal, nanti bnyk yg bertanya dan candaan menjadi bumerang hihi.. maka saya tutup kolom komentar saya. Sedangkan yg mbak alami, itu terjadi justru karena mengutip fakta, sayang sekali sebagian org justru tidak mau belajar untuk melihat secara seimbang, kalau tidak bisa mendebat secara logis dan beradab, maka keluarlah kata2 yg tak logis dan tak beradab. Hmm..

Diatas segala2nya mbak, teruslah ngeblog :D Sebab dari mbak saya belajar menulis lebih serius dan yg pasti lebih rajin riset, hihi.. Itu kekuatan dari blog ini. Menurut saya blog ini sangat bertanggungjawab dan jelas isi2 tulisannya.

Maju teruuuus!!!

Kuyus is cute mengatakan...

Mbak G:

Waduh pujiannya kok jadi tinggi *tersipu sipu gak nginjek tanah* hue he he ..

Jadi malu mbak .. padahal saya lagi super duper belajar nich.
Wah saya senang sekali, bila kolom komentar kita bisa dijadikan bahan diskusi. Bisa bangga bener akuw ..

Cuman tetep harus blogwalking ya .. biar teman diskusinya bisa banyak. Mantapp ..

*tersanjung*
Saya justru yang belajar banyak dari Mbak G, cara mengolah kata kata dan pola pemikiran Mbak yang luas. Saya masih cenderung sempit dan muter2 disitu saja. He he kayak komidi puter.

Eniwei .. senangnya bisa berbagi dengan beberapa teman. Setidaknya sekarang blog saya gak narsis lagi .. tapi sudah ada kemajuan perlahan. Hue he he ..
Makasih Mbak atas saran dan masukannya ..

namaku wendy mengatakan...

hiks konten blogku gak jelas jadi minder mo ngikutin ke kompetisi gitu, hayuk nek semangat *cheers*

sippa mengatakan...

ayoo mba aku bantu lewat doa

reni mengatakan...

Mbak Kuyus ikut kompetisi ?! Wah aku dukung banget tuh !! Mantap !! Jangan ragu deh mbak..., kemampuan Mbak Kuyus dalam menulis dan menyampaikan ide sudah sangat bagus kok. Terus berlatih aja, biar makin terasah. Dan salut banget dengan hobby-nya yang doyan riset itu hehehe. Tetap semangat yach ?

Kuyus is cute mengatakan...

@Emak ku Wendy:
Ayo mak ikut .. semua bisa kok !! Semangat ...

@Sippa:
Amien amien ... saingannya banyak bnaget, hiks hiks

@Mbak Reni:
Wah mantap kali nich, aku punya pendukung setia .. Mbak ikut juga yuk, nanti tak kasih tahu caranya

牛肉麵不加蔥yaya mengatakan...

,徵信社,尋人,偵探,偵探社,徵才,私家偵探,徵信,徵信社,徵信公司,抓猴,出軌,背叛,婚姻,劈腿,感情,第三者,婚外情,一夜情,小老婆,外遇,商標,市場調查,公平交易法,抓姦,債務,債務協商,應收帳款,詐欺,離婚,監護權,法律諮詢,法律常識,離婚諮詢,錄音,找人,追蹤器,徵信,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信社