2009_02_25 Mengurangi Beratnya Loading Blog


Gambar diambil di sini


Beberapa hari, mulai gak posting ..
Gak juga blog walking ..
Kemana nich ??


Menghilang tanpa ketahuan juntrungannya?? ..
Salah seorang teman mengetahui keberadaanku tengah "mengelus elus" blog baru. "Lah .. bikin blog lagi?" ujar temanku sambil ketawa cekikikan .. *plus geleng geleng tak karuan*. "Mentang mentang gratis!!" ujarnya sambil meneruskan tawanya.


Hue he he ..
Aku jadi mikir, apa iya karena gratis?
Tidak juga. Terusik oleh masukan teman dan suamiku yang mulai protes karena beratnya loading blog personalku. Pikir punya pikir, rupanya .. aku baru ingat bila blog ku ini memiliki 3 blog dalam 1 account. Bingung??


Dalam blogspot, kita membuka account blog bisa untuk membuat beberapa blog bukan? Gampangnya dalam 1 rumah, dengan 1 kunci rumah, bisa memiliki lebih dari 1 kamar tidur. Dan kali ini aku memiliki 3 kamar itu. Rupanya yang memberatkan adalah blog fotoku. Walau sudah di resize foto fotonya, namun kapasitasnya mulai memberatkan yang lain.



Pigura perjalanan2.blogspot.com


Sehingga aku mulai membuka blog foto terbaru dengan account yang terpisah *Pigura Perjalanan2*. Setelah sebelumnya aku sendiri sudah membuka account terpisah dengan blog foto berbeda *Lukisan Alam*



La Framed


Lalu bagaimana caranya mengetahui bahwa porsi dalam blog kita sudah memakan sebagian atau keseluruhan kapasitas blog yang disediakan? Ini bisa dilihat ketika kita hendak upload foto ..
"Klik" tombol upload foto. Lalu tersedia layar "unggah gambar". Pada bagian bawah terdapat tulisan "Batal" dan "Unggah Gambar" dan disampingnya, tertulis "Saat ini Anda menggunakan 93MB (9%) dari 1024MB Anda"


Hal itu menunjukkan kapasitas Blog kita adalah sebesar 1,24 GB, dengan penggunaan berjalan 9% dari keseluruhan. Dengan begitu kita bisa mengetahui sudah sejauh mana "berat tidaknya" blog kita bila dibuka oleh penikmat tulisan dari komputer lainnya.


Lalu bagaimana caranya kita bisa mengurangi kelebihan kapasitas bila sudah berkelebihan? atau bagaimana caranya, sedari dini kita mengatur porsi foto foto tersebut sehingga tidak memberatkan?

Yuk, ikuti langkah berikut.

Images and photos that are uploaded through Blogger get stored in your Picasa Web Albums, which are part of your Google Account. The number of images you can upload is therefore dependent on the amount of space you are using on Picasa Web Albums. **google help

  1. Arahkan cursor anda ke dasbor, yang letaknnya di sebelah kanan atas blog anda. Lalu scroll down *paling bawah* dan temukan"alat dan sumber daya" --> Album Web Picasa
  2. Bagi yang belum pernah mendaftar, akan dimintai keterangan oleh Google, berupa nama depan dan nama akhir, sekedar untuk pencatatan identitas. Dibagian atas akan ditemukan menu Email, Kalender, Dokuments, Foto, Site, Web ... dll. Klik Foto !!
  3. Akan ditemukan beberapa album foto, yang isinya adalah semua foto foto yang pernah kita upload. Walau akhirnya foto2 itu kita hapus di entry blog kita, namun itu belum terhapus dan tidak akan mengurangi kapasitas blog, bila belum dihapus dari "Album Web Picasa" ini.
  4. Ada baiknya, foto diresize dahulu sebelum di upload. Selain mempercepat uploadingnya, dan juga meringankan kapasitas blog, sehingga masih tersisa banyak dan loadingnya pun tak memberatkan.
  5. Bagaimana cara menghapus foto foto yang tak terpakai? Klik salah satu Album Foto *satu album foto, maksimum berisi 500 foto, bila lebih, maka Web Picasa, otomatis akan membuka sendiri album foto yang baru.
  6. Tersedia menu: Slide show, Share, Download, Prints, Edit --> klik EDIT, lalu klik Organize and Reorder. *atau cari urutan paling bawah dari tab Edit. Dengan menghapus, foto foto yang ada di Web Picasa, maka keberadaan foto foto itu tidak akan muncul kembali di dalam postingan kita di blog. Jadi bila terdapat 5 foto, A, B, C, D dan E. Sementara yang dipakai adalah foto B dan D, maka foto A, C, dan E dapat dihapus untuk menambah kapasitas blog. Sementara foto B dan D jangan dihapus. Bila "tetap" dihapus, maka foto tersebut juga akan menghilang dalam postingan kita di blog.
  7. Setelah klik Organize dan Reorder, terdapat foto foto dalam jumlah kecil .. klik satu persatu *bila foto dalam keadaan berpencar* lalu tekan delete. Sebuah korfirmasi ditawarkan untuk memastikan bahwa foto yang akan dihapus benar adanya, dan tidak akan muncul dalam postingan yang sudah ada.
  8. Bila foto terletak berdampingan, gunakan fasilitas, klik satu blog lalu tekan SHIFT, dan klik foto yang lain .. sehingga beberapa foto bisa dihapus bersamaan.
  9. setelah itu klik DONE, dan tugas selesai ..
Bingung? bisa dicoba perlahan ..


Ini yang sedang kulakukan perlahan lahan, yaitu dengan memindahkan foto foto dari blog foto lamaku Pigura Perjalanan, menjadi 2 blog foto yang terpisah. Mengapa musti terpisah? Karena aku ingin mengkhususkan keduanya dengan tema cerita yang berbeda, dan tentunya agar loadingnya tak memberatkan.


Yaitu cerita perjalananku dalam Pigura Perjalanan2 dan berbagi foto foto antik dalam sebuah La Framed. Sementara Blog foto yang lama, akan tetap kuhidupkan.





Pigura Perjalanan *blog foto yang lama*


Setiap blog tentunya memiliki tema yang berbeda. Masing masing memberi suasana dan informasi yang khas kepada pembacanya.
Semoga aku sendiri tidak kewalahan dengan bertambahnya satu blog lagi .. karena menurutku, berbagi ilmu dan kesempatan itu indah .. selama bisa dimanfaatkan dengan baik.


Selamat melihat koleksi album Web Picasa Anda !! Semoga tidak sampai berat loadingnya, seperti blog fotoku ya ... he he

5 Fans Berat:

reni mengatakan...

Mbak utk urusan rezise foto aku belum berhasil yang kemarin.
Ntar aku coba lagi, tapi kalo ga bisa juga aku ketok pintu seperti biasa ya ?? Thanks before...

G mengatakan...

Wah mbak, saya tongkrongin cukup lama artikel ini, soalnya saya punya multiple blog, walaupun ga banyak gambarnya, jadi mikir juga, mendingan saya pakai beberapa provider blog mungkin ya?

Kuyus is cute mengatakan...

@mbak Reni ..
Seep mbak .. ym aja, atau janjian di facebook, sekarang facebooknya saya buka terus kok ..

@Mbak G ..
hue he he .. bisa jadi begitu Mbak. tapi kalau isinya kebanyakan tulisan, tak terlalu makan kapasitas. Hanya saja untuk blog foto, memang sudah disediakan sich sama provider lain .. cuman ya sajiannya foto saja, macam flickr dan http://photoblog.com. Tak banyak bisa menyajikan tulisan diantaranya ..
jadi saya tetap cenderung pakai blogspot, selain tutorialnya juga banyak ...

Erik mengatakan...

Wah dapet ilmu baru, nanti saya coba.
Makasih banget ya

Dhe mengatakan...

weq *_*

keren jg neh postinganmu buk..
sekali2 tar wa cb cek ahh ^^
btw, ea jg yah!! dirimu banyak bener blogny abuk.. (duh..kok wa merasa pusing yah)

*kaburrr...tar dilempari tikus*