2009_02_01 Bebek Ireng Cak Baz Suroboyo


Hayoo pencinta Bebek dimana pun dirimu berada .. sudah coba yang satu ini?
Pasti banyak yang bilang "Sudah doooonnnnkkkk ... " aduh, aku ketinggalan kereta ya??


He he .. kayaknya begitu.Bebek Ireng yang satu ini memang sudah terkenal di kalangan pemburu kuliner. Aku terbilang telad menikmatinya. Karena kalau jam makan siang selalu antri pengunjung, aku memilih mengunjungi nya ketika hari minggu. Lebih ploooong .. banyak kursi lenggang dan kosong.


Dimana ya letaknya?
Tau Gedung Trans TV donk .. yang di Kapt Tendean Jakarta? Nah Bebek nan yummy en garing ini berdiam diri di sebelahnya. Ya, gak sebelah persis, beberapa meter tak jauh darinya coba jalan pelan pelan ketika melewati Gedung Trans TV.


Yang ditawarkan untuk special Bebek ada:
Bebek Biasa *sudah tidak ada lagi*
Bebek Super Rp. 14,000 per potong (dada or paha)
Bebek Peking Rp. 19,000 per potong (dada or paha)


Perbedaannya memang bukan dari bumbunya kenapa itu dinamakan Super en Peking. Namun dari jenis bebeknya itu sendiri. Buatku sendiri .. yang paha, masih kurang banyak. Kalau Dada .. mm .. okelah lebih tebal dagingnya.


Bebek digoreng kering lalu disajikan dengan lalapan, suwiran jeroan dan potongan bebek. Nah, salah satu pelengkap yang menjadi penting dalam wisata kuliner bebek ireng ini adalah sambelnya. Sambalnya ??? Na Udzubileeee .. angkat tangan dakuw. Penggemar super super cabe rawit, pasti bakalan nambah dech. Tapi penggemar cabe plastik .. mending jangan minta sambal satupun, selain sambal saos aje ... hua ha ha



Gambar diambil di sini



Gambar diambil di sini


Bermula dari dua kali terkena pemutusan hubungan kerja, tak membuat Basuki Rachmat yang biasa dipanggil Cak Baz ini putus asa. Lelaki asal Magetan ini memilih untuk banting setir berwirausaha menggeluti dunia kuliner. Bersama seorang rekannya ia pun memberanikan diri membuka rumah makan berlabel Bebek Ireng Suroboyo Cak Baz, di Jl Kapten Tendean 12 D, Jakarta Selatan.


Siapa sangka dalam waktu empat bulan saja, usaha yang diusungnya sudah dikenal dimana-mana. Menu bebek gorengnya yang disertai dengan remah-remah dari jeroan bebek yang dimasak dengan bumbu khas sampai empuk dan bumbunya mengering, serta sambal bawangnya yang ekstra pedas, ternyata cukup menarik perhatian dan disukai warga Ibukota. Hasilnya, rumah makan yang pada bulan awal berdirinya hanya beromset sekitar Rp 9 juta ini, pada bulan keempat omsetnya telah mencapai Rp 75 juta sebulan.


Menu Bebek Ireng ini mungkin termasuk asing di telinga, ternyata yang dimaksud dengan Bebek Ireng adalah bebek yang diberi bumbu ungkep yang terdiri dari jahe, daun salam, daun jeruk, sereh, bawang putig, gula merah, dan lada hitam sehingga ketika digoreng akan menghasilkan warna yang gelap.


Resep Bebek Goreng ala Bebek Ireng Suroboyo "Cak Baz"


Bahan:
1 ekor bebek, potong menjadi 4 bagian
Air jeruk nipis, secukupnya untuk rendaman
Air secukuonya untuk merebus


Bumbu yang diusuk:
2 jahe, memarkan
2 batang sereh, memarkan
5 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam


Bumbu yang dihaluskan:
1 kg bawang putih
500 gr gula merah
50 gr lada hitam butir, haluskan
Garam secukupnya


Cara membuat:
1. Bebek dibersihkan dengan menggunakan air panas, cabut semua buku-bulu halusnya. Isi perut dikeluarkan, cuci hingga bersih, rendam bebek dalam jeruk nipis selama 1 jam agar bau amisnya hilang, sisihkan
2. Bumbu yang sudah dihaluskan di tumis hingga harum dan matang. Sisihkan
3. Setelah direndam 1 jam rebus bebek bersama dengan air secukupnya dan bumbu yang ditusuk, hingga mendidih.
4. Setelah bebek mendidih, masukkan bumbu yang sudah ditumis. Rebus lagi bebek selama 1 jam atau hingga air rebusan meresap. Setalah matang, angkat dan dinginkan.
5. Sebelum disajikan goreng bebek dengan menggunakan minyak goreng yang banyak dan panas hingga bebek kering dan berwarna kecoklatan. Sajikan bersama sambal bebek.


Sajikan untuk 4 porsi


Bebek Ireng Suroboyo Cak baz
Jl. Kapten Tendean 12 D, Jakarta selatan
Harga : Bebek Super ( 14,000 ) , bebek peking ( 19,000)


Beberapa komentar tentang Bebek Goreng, kelezatannya memang mampu menggugah minat. Dari yang tak terlalu bersemangat apalagi peminat, hingga mampu menuliskan kata kata tentang kenikmatannya.


Aneka Warung Bebek Bakar/Goreng di Jakarta:
Bebek Kaleyo
Jl. Cempaka Putih Raya 108. Jakarta
Telp: 0813-14928400, 021-70428003

Bebek Edan Cak Topa
Jl. Gatot Subroto kav 72, Jakarta Selatan
Telp: 021-7973783, 7973688

Warung Chi-Chi
Jl. S.A. Tirtayasa No.118 Cilegon Banten
Telp: 0254-377022
Email: chichi_wc@yahoo.com

Bebek Goreng Hj. Wiwi
Jl. Pinang Ranti Pondok Gede
Jakarta Timur
Telp: 021-87783923

Bebek Bali
Taman Ria Senayan, Jl. Gerbang Pemuda, Jakarta Barat
Telp: 021-5747667

Bebek Bengil
Dharmawangsa Square, Jl. Dharmawangsa VI/IX, Jakarta Selatan
Telp: 021-7266926, 7266927, 7221230

Starduck
Jl. Meruya Utara Blok E8 No.21A, Jakarta Barat (Seberang SMPN 134)
Telp: 021-58906184
Fax: 021-58903484

Bebek Goreng Yogi
Jl. Raya Panjang No.4, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Telp: 021-5325462/0815-86796868

Bebek Goreng Tumapel
Jl. Basuki Rachmad arah Duren Sawit kira-kira 500m dari pasar mainan prumpung Jakarta Timur

Om. Be-Q - Special Bebek
POINS SQUARE Food Court Level - Lebak Bulus. Jakarta Selatan

Bebek Goreng Priangan
Pamulang permai 1 blok AX 33 no. 19 belakang Giant Pamulang. Jakarta Selatan

Bebek K'raos
Jl. Riau No. 3 Menteng Jakarta Pusat
(di Dalam Warung Cobek)

Bebek KALEO
di Cempaka Putih (di dalam gang deket plaza dwima), Cempaka Putih. Jakarta Pusat

Soto Bebek Arthamara
Jl. Kejaksaan no.5 Kreo Ciledug. Tangerang

Bebek Ginyo
Jl. Tebet Utara Dalam No.12.
Jakarta Selatan
Telp: 021-8292343

11 Fans Berat:

vidya mengatakan...

wah patut di coba, soalnya ini bukan bebek surabaya. di sana gak ada yang resepnya gini di surabaya bebeknya kuning :-D

kapan2 coba ah....

M. Raul Yasin Widjayabrata mengatakan...

kemaren gue lewatin tuh...rame bangettt....
ntar nyoba ahhh...sambelnya bikin penasaran

Erik mengatakan...

Wah aku kurang suka daging bebek nih... tapi sambelnya enak ya

Kuyus is cute mengatakan...

wah .. rupanya ada yang lebih etlad dari dirikuw ya .. wenak tenan dech. Pesan yang dada ya .. en jangan pas makan siang .. berbahaya!! Ngantri ... he he

selamat menikmati ..

namaku wendy mengatakan...

nenek hayuk buruan bikin, masakin, nti aku minta yah hehehe yg enak yah nek:p

reni mengatakan...

Jadi pengen nyobain nih... Gimana dong ? Kalo kudu ke Jakarta, berat diongkos. Kalo kudu masak sendiri, takut rasanya gak sesuai.. Jadi minta mbak Kuyus kirim ke Madiun aja deh... *sembunyi dari ancaman cubitan mbak kuyus*

Kuyus is cute mengatakan...

@Mbak Reni:
Boleh mbak .. tak kirimin, minta alamatnya sini .. he he

Dijamin minta nambah dech!!

G mengatakan...

Wah, saya penggemar bebek banget2 loh mbak, brarti musti jalan2 ke sana niy.. Cihuiy.. makasih udah dikasih info-nya.

Baju Anak Branded mengatakan...

Mbak Kuyus, emang bebeknya ireng beneran ya?

salam

Leesoes - Grosir Baju Anak

Bebek Salto mengatakan...

www.bebeksalto.com

Diah Sintawati mengatakan...

Resep bebeknya beda dengan menu bebek bebek yang lain . . .
Lebih mak nyussss

Salam kenal