2009_02_08 Buah Namnam - Si Buah Langka, Di Halaman Rumahku


Buah Nam nam di halaman rumahku


Pernah dengar yang namanya buah Namnam?
Mm .. katanya itu buah langka loh ... *kata siapa??@#$%* Kata pendahulu ..
Entah benar atau tidak .. nanti kita cari tau ya?
Pohonnya sesaat tak menunjukkan sebuah keistimewaan. Tak ada kelebihan berarti .. dari yang lain. Cenderung nampak biasa saja .. namun begitu melihat buahnya??
Tak pernah terjual dipasaran, bahkan namanya terbilang tak lazim. Mungkin kah itu yang dinamakan buah ini langka?



Beberapa orang menyebutkan ini termasuk pohon rezeki. Entah sugesti atau tahayul apa yang mendasarinya. Namun beberapa tetanggaku meminta bijinya untuk kelak ditanam, bila buahnya nanti telah matang ..
Rasanya? bila sudah menguning di pohon cenderung manis sedikit. Namun ya .. kebanyakan asam atau sepat.


Namun bila sudah matang, kulit buah Namnam ini akan berwarna kuning, dan bila disentuh, ia akan terlepas dari batang tempat ia melekat. Rasanya kecut-manis, dagingnya putih dan sedikit berair. Di dalamnya terdapat biji coklat pipih, berkulit ari coklat tipis. Jika pernah melihat gambar bakal janin, bentuknya kira-kira seperi itu. Untuk ukuran, ia tidak terlalu besar, panjangnya variatif, bisa kira-kira 8 cm.



Ketika musim hujan tiba, pohon Namnam nampak menghasilkan buah buahnya nan menggoda. Karena jarangnya melihat buah buah itu tumbuh dengan sexynya .. aku menyempatkan untuk mengambil foto fotonya. Sayang, buahnya belum menguning, jadi aku belum bisa mengambilnya, membelahnya untuk memperlihatkan daging buahnya, juga bijinya.


Tadinya, pohon itu sempat akan kutebang saja .. karena selain tak menunjukkan satu atau dua keunikan. Namun .. terbilang, buahnya cukup aneh, dan tak menimbulkan banyak kerugian untuk tetap memeliharanya .. jadi kenapa tidak lah ..



Buah yang masih muda



****
Buah Namnam merupakan pohon kecil/perdu yang tumbuh antara 3-15m dengan batang berbonggol-bonggol, dan kulit batang yang halus berbintil. Pohon Namnam ditanam orang sebagai tanaman penghias halaman atau untuk diambil buahnya. Buah yang masak berasa asam manis segar, dimakan langsung atau sebagai bahan rujak, asinan, dan manisan. Dapat pula dijadikan campuran sambal.




Jenis batang dan daun Pohon Nam Nam
Gambar diambil di sini


Daun Namnam berkhasiat sebagai obat mencret dan buahnya untuk penyegar badan Buah nam-nam dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan sirup. Karena tajuknya indah, pohon ini kadang ditanam sebagai tanaman hias di halaman rumah dan perkantoran.


Namnam berasal dari India, Malaya sampai ke Indonesia. Tanaman ini tumbuh baik pada dataran rendah dan tanah yang subur; menyukai tempat-tempat terbuka dan datar. Perbanyakannya dengan cangkok atau menempel. Apabila ditanam dengan biji, maka pertumbuhannya lambat.


Pohon buah yang masuk dalam suku leguminoisae atau polong-polongan ini, bernama latin Cynometra cauliflora, memang sudah jarang ditanam orang, diduga berasal dari India. Dulu di Indonesia pohon ini sering ditanam di pekarangan pedesaan atau kadang sebagai tanaman hias. Warna daunnya merah muda jika masih muda. Di India, pohon Namnam sering ditanam sebagai pohon hias karena warna daunnya yang indah ini.


Kini, Namnam masih bisa dijumpai di daerah Cianjur, Jawa Barat dan Maluku Utara. Namnam hanya bisa tumbuh di daerah tropis. Maka ia tidak dapat ditemui di mancanegara.


Selagi masih muda, Buah Namnam berwarna hijau kecoklatan. Setelah masak akan berubah menjadi kekuningan atau kemerahan.


Pohon Namnam memiliki tajuk rindang membentuk payung. Kayunya putih kekuningan dan sangat keras. Karena bentuknya kurang menarik maka kayunya tidak pernah dimanfaatkan untuk membuat bahan bangunan. Di desa-desa, cabang yang agak besar dan lurus sering digunakan untuk membuat tangkai alat-alat dapur atau mainan anak-anak seperti ketapel dan gasing. Budidaya Pohon Namnam bisa dilakukan dengan biji.

22 Fans Berat:

Sipa mengatakan...

Heww mau dong nyobain

Kuyus is cute mengatakan...

sini .. minta alamatnya, nanti tak kirimin, mumpung lagi bahenol buahnya .. he he

Onez Sumlang mengatakan...

mmmm....aneh skali buahnya...

ciwir mengatakan...

wah ini... bisa dicoba ini. kayaknya enak mbak.
boleh dikirim nggak ya?

reni mengatakan...

Tahu namanya baru kali ini, tahu bentuknya juga baru kali ini. Yang belum..., tahu rasanya. Kira-kira gimana ya caranya agar bisa tahu rasanya ? *senyum-2 penuh arti pada mbak kuyus*

Eva mengatakan...

salam kenal....
Kuyuus... mau dunk...
kirim ke ps minggu ya..

sama-sama penggila nam-nam ....

anggoro mengatakan...

blogwalking ajah
www.belajarptr.blogspot.com
www.paytomoney.blogspot.com

Kuyus is cute mengatakan...

Hue he he .. yang berminat, silahkan kirim alamat .. ayo buru buru, cuma dibuka untuk 4 orang saja, karena buahnya gak yakin semua bakal mateng di pohon, alias, musim hujan begini bakal jatuh ke tanah .. en menua ..

Akhmad mengatakan...

Woh..eksotik buahnya. Ini termasuk buah langka.
Saya juga koleksi pohon ini.
Pengin tulis ttg nam-nam ini sekalian ijin merefer sebagian tulisan kuyus.
(www.berkebun-yuuk.blogspot.com).

Kuyus is cute mengatakan...

@Akhmad:
Silahkan .. wah senang sekali bisa membantu tulisannya bahkan menjadi bahan referensi ...

Akhmad mengatakan...

Trimakasih sudah diijinkan dan sudah dikunjungi. Saya link buah nam-namnya di blok saya.

Aryo mengatakan...

Kalo di daerahku namanya "kopi anjing", gak tau kenapa dinamain gitu, padahal lokasi di cilacap jawa tengah..udah gak ada kali sekarang tanaman itu

Arifiana mengatakan...

dulu jaman SD sering makan buah ini, asem2 manis. Buahnya sering berada di pangkal batang bagian bawah, anehnya kalau di tempatku orang sering menyebutnya 'kopi anjing'

yasin mengatakan...

dulu pernah tanam dari biji, tapi ga pernah saya pindah ke tanah jadinya mati deh...!, minta bibitnya donk non..!

lusi andriyani mengatakan...

mb buah nam-namnya masih berbuah g sekarang?? klo masih berbuah saya mau donk,, bisa dikkirm ke alamat ini Jl. mayjen H.E sukma desa pasir muncang no. 23 RT/RW 03/02 gang telkom caringin bogor. 16730. ditunggu balesannya
makasii =)

Lenni T'lens mengatakan...

Mb saya sangat membutuhkan buah ini untk obat bpk sy.. Mohon info untuk dapetin buah ini dong... Ini no tlpn sy 02517555004 kl malam sy tidak ada. Ditempt tx

FendyLon Tacis mengatakan...

Mau dikirimin gak?

hardianto mengatakan...

buah namnamnya masih ada mas fendy?

buat nkri mengatakan...

Saya menanam namnam dan siap membagikan biji untuk ditanam bagi yang berkenan. Silahkan email ke buatnkri@gmail.com

Saya beli bibit setinggi satu meter tahun1995 dan baru berbuah tahun 2012 lalu. Tapi sekali berbuah lebih dari 80 buah nya sampai gak kemakan semua. Menanamnya di gadog ciawi di sekitar pasir muncang.

buat nkri mengatakan...

Saya menanam namnam dan siap membagikan biji untuk ditanam bagi yang berkenan. Silahkan email ke buatnkri@gmail.com

Saya beli bibit setinggi satu meter tahun1995 dan baru berbuah tahun 2012 lalu. Tapi sekali berbuah lebih dari 80 buah nya sampai gak kemakan semua. Menanamnya di gadog ciawi di sekitar pasir muncang.

buat nkri mengatakan...

Saya menanam namnam dan siap membagikan biji untuk ditanam bagi yang berkenan. Silahkan email ke buatnkri@gmail.com

Saya beli bibit setinggi satu meter tahun1995 dan baru berbuah tahun 2012 lalu. Tapi sekali berbuah lebih dari 80 buah nya sampai gak kemakan semua. Menanamnya di gadog ciawi di sekitar pasir muncang.

Warung Bibit mengatakan...

wah ... dengan ciri khas dan manfaatnya, tanaman namnam ini pantas untuk dibudidayakan agar tidak punah keberadaannya.

mari bertanam pohon namnam ... !!