2009_02_18 Blog Walking yukk ...


Gambar diambil di sini


Klik ... klik ... klik ...
Berapa tab ya yang kubuka hari ini?
Waduh ... bisa 8-9 tab?? @#$% . Kata orang sich, itu belum seberapa. Ada yang 11 tab .. mungkin lebih??


Ngapain aja Yus??
Mm .. aku mau ngintip blog teman temanku. Sudah lama aku gak mengetuk pintu "rumah" mereka. Asyik dengan blog sendiri, sampai lupa menyapa teman teman.
Beberapa sudah ada yang ku tambahkan di daftar blog. Sebagian lain, ada yang baru mengajak bertukar link. *Bahkan yang belum mengajak pun, suka aku tambahkan sendiri di daftar blogku*. Supaya, aku gak lupa sama alamat webnya ..


Banyak kutemui teman teman baru ..
Tentunya dengan ide ide dan imajinasi mereka dalam berbagi yang selalu baru. Membuka mataku lebar lebar .. "hey, there's still another world out there".
Dan aku masih berkutat membagi waktu antara, blog, plurk *mulai terlupakan* dan FB *again*.


Istilah kerennya, "Blog Walking"- atau jalan jalan ke blog satu dan blog yang lain. Kalau istilah di room chat, "JJR- Jalan Jalan Room" ... maksa gak sich ??@#$%^



Gambar diambil di sini


Apa sich serunya Blog Walking?
Pertama .. nambah temen, tentunya bila kita menyempatkan untuk menyapa, meninggalkan sapaan kita di shoutbox yang mereka sediakan. Syukur syukur meninggalkan komentar atas postingan yang mereka tulis. Dengan begitu, komunikasi 2 arah akan bisa terjalin. Blogger akan saling mengunjungi kembali, dan pembicaraan akan semakin lebih akrab.


BLOG WALKING bukan hanya berarti “say hello!” dan kemudian kita tinggal pergi. **Getux.com


Selain itu, semakin kita sering meninggalkan komentar komentar *diharapkan jujur dan sehat* maka kemungkinan blog kita mudah ditemukan dan memiliki link yang banyak, akan semakin besar. Coba saja test ..
Lakukan pencarian nama blog kalian di Google, sebelum dan sesudahnya.


Tapi sich, diharapkan bukan karena itu, bloggers lalu melakukan pengisian komentar komentar standard dan cenderung spam. Lakukan komentar yang baik dan menyapa, syukur syukur *lagi* bisa membahas isi topik postingan teman. Wah .. teman akan senang sekali, sekaligus, kita melatih analisa sudut pandang kita akan satu dan dua topik.


Seperti yang tertulis di sini. Blog walking membuka hal hal yang baru dari blogger lain. Kedua, blog walking memberikan kesempatan untuk kunjungan balasan. Ketiga, menambah teman. Dan keempat, tebar pesona lewat komentar ??@#$% ..
He he .. good idea juga ya?
Pernah terbayang gak sich, bisa menebar pesona lewat komentar?? .. Mm, buktinya semakin kita menuliskan komentar komentar yang memacu semangat, kritik dan masukan yang positif, teman teman blogger banyak yang menghargainya dengan melakukan kunjungan balasan.


Tak lupa pula, kita juga bisa mengetahui aktivitas teman melalui tulisan tulisannya di blog. Atau yang sedang trend in saat ini, menurut sudut pandang penulisnya. *Tentunya bila blognya updated*


Dan yang tak kalah menariknya, dengan blog walking, ..kita bisa menemukan ide penulisan untuk di blog sendiri. *Mm .. yang ini sudah kubuktikan* ..
Blog blog yang sering memberiku inspirasi .. adalah Blog Mbak G, Mbak Reni, dan juga Mas Erik. Tak berarti blog blog teman yang lain tak memberiku inspirasi. Namun ketika aku menuliskan postingan "Kok Bisa Blank Ide", mereka turun tangan memberiku semangat, bahwa bahan postingan itu bisa berasal dari mana saja, lewat tulisan tulisan mereka.


Mereka mengambil satu ide sederhana, namun mengembangkan nya dengan baik, santun, riang dan informatif. Itu yang terlupa olehku. Hingga kubersemangat mencari topik topik ringan yang menggugahku untuk bisa mengembangkannya seperti mereka. Thanks .. people. I Adore you guys !!


Terutama seperti saat ini, ketika aku tak bisa banyak "berkelana" kembali seperti dulu, mengingat tugas tugas di rumah yang harus diutamakan, jiwa berkelana itu tetap tumbuh di dunia maya. Menjelajah web, mencari cerita, dan tentunya teman.
Blog walking sangat membantuku untuk tetap up todate mengamati informasi. Walau tak semua yang bisa kuikuti *hanya sesuai minat saja*
Setidaknya aku tak sendiri, namun tetap hidup dengan tulisan tulisan yang saat ini tengah ku kembangkan.


Terimakasih untuk blog, yang setia menyediakan layanan gratis *hue he he .. maunya* sehingga siapapun bisa berkreasi dengan "tangan tangan trampilnya" menulis.
Terimakasih untuk teman teman blogger, yang setia menyapa, walau "keseringan" aku belum sempat menghampiri dan menyapa kalian ..


Nah apa kata sebagian orang tentang Blog Walking??
Semudah itu kah, mereka melakukan kegiatan Blog Walking di tengah kesibukan mereka?


Beberapa hal positif mengenai blogwalking:
  • Semakin banyak tahu perkembangan dunia blog
  • Banyak membaca, banyak informasi, lazimnya jadi banyak ilmu
  • Banyak melihat postingan, yang bagus tulisannya dengan gaya sastra sampai pusing bacanya, hingga yang merusak grammar sampai pusing juga bacanya. Dari sini dapat mempengaruhi (memperbaiki) gaya penulisan si pembaca, yang biasanya bukan seorang penulis. Kata Om Budi, menulis belum menjadi kebiasaan bangsa Indonesia. **Mahesa Jenar


Seru khan?
Banyak ilmu yang bisa didapat, antara blog satu dengan yang lain. Mungkin bisa mendapat kejutan kejutan baru tentang tema tulisan, gaya bahasa atau kepraktisan mereka dalam menampilkan tulisannya.


Setiap blogger pasti menginginkan blog tercinta dikunjungi bloggers lain. Semoga bukan cuma mengunjungi blog, membaca posting, dan seperti hantu kemudian menghilang tanpa jejak.
**Bakawan.Com


Seriring waktu, aku ingin membagi hasil blog walkingku, kepada pembaca disini. Sesuatu dari tulisan mereka yang berkesan dan meng inspirasiku untuk melihat sisi lain dari dunia yang ada di sekitar terdekatku. Juga membuka pola fikir sempit, melalui tema tema baru yang komunikatif.


Selamat Blog Walking teman teman .. dan rasakan khasiatnya ...
*loh kayak dodolan obat kie??@#$%*

12 Fans Berat:

JHONI mengatakan...

iya bener lho mba' kalo kita ngunjungi blog lain pasti dibalas ngunjungi....kalo kita ngomentari blog lain pasti dibales ngomentari.....kalo kita timpuk bata pasti kagak dibales....udh pingsan hehehe.....LUV PISS

G mengatakan...

Hihi.. asik asik namaku terdaftar di sini (^_^) Makasiy loh, jadi terbang kalo punya sayap, karena ga punya jadi nyengir lebar buanget dari telinga kiri ke telinga kanan, :D.

Tapi mbak emg benar, blogwalking itu menyenangkan, apalagi blogwalking ke 'rumah2' yang kita sukai, menyambangi tetangga-tetangga dan 'ngobrol' sama mereka lewat shoutbox, atau ikut2an urun rembug di komentar.

Saya sering nongkrong di sini atau dibeberapa blog favorite berlama2 cuma untuk membaca, dan tidak berkomentar (bongkar2 arsip lama, hihi), soalnya kadang mmg harus mencerna dulu baru bisa berkomentar. Jadi ga akan saya paksakan diri untuk berkomentar.

Nah, dari jalan2 ini sering memang dapat ide untuk tulisan berikutnya, topiknya memang sama tapi sudut padangnya berbeda. Atau ada poin tertentu yang ingin saya tambahkan or kurangkan, hihihi.., ada juga yang justru karena sangat setuju, jadi mau share pengalaman aja. Gitu deh pokoknya.

Banyak siy manfaat dari blogwalking itu, asal benar2 membaca dan cukup selektif juga memilih blog mana yg dikunjungi. Setidaknya begitulah bagi diri saya.

namaku wendy mengatakan...

blogwalking bisa mempererat silahturahmi, nambahin sodara kalo pas ketemu blogger yg cucok gitu deh, tul dapet info baru jadi nambah gaul gitu deh secara diriku ini paling males buka berita hehehe tp dari blog2 yg aku kunjungi dari situlah aku sering apdet berita hehehe
nenek, bisa nulis kek geneh gimana caranya "ajarin dunk" iri mode-on wis

Redha Herdianto mengatakan...

bener juga sih, klo kuyus gak ngasih komen di blog-ku gak mungkin aku bisa nyasar kesini.

Satu hal yang paling aku rasain dari kegiatan bwalk ini adalah, aku jadi punya tujuan berkunjung dengan tetap ketika sedang di depan komputer.

*bisa jadi blog ini akan jadi destinasi tetapku untuk bwalk.SALAM KENAL juga ya :)

Kuyus is cute mengatakan...

@Mas Jhoni:
Hue he he .. kalo ditimpuk pake empek empek, pasti nagih dech, pingin minta ditimpuk lagi .. *loh??@#$%*

@Mbak G:
hua ha ha .. ada malaikat baru nich, punya sayap tapi rajin ngeblog. he he ..
Ya mbak, aku makin nambah dech ilmunya. Diatas langit masih ada langit kalo orang bijak bilang .. jadi aku masih harus banyak belajar dari blog walking ini.

@Emak Wendi tersayang:
Kalo gak gara2 buka web .. emak, mana kutahu ada emakku berbeda orang di plurk .. sama sama 'ndies' lagi .. hua ha ha kelimpungan aku.

Iya mak, .. makanya kita makin cinta gara2 rajin blog walking.

Gimana ya cara nulisnya bisa begini. Pake semedi dulu sich, mandi yang bersih, sarapan gado gado sama minum jus strawberry,..
Tuch hasilnya dapet pujian dari emak .. cobain dech mak ..

Dijamin, kekenyangan .. hua ha ha

@Mas Redha:
Wah, gara gara blogwalking, jadi disamperin orang ganteng nich. *GR* .. mudah2an rajin kesini ya, mas. Soalnya ini blog cewek, kalo ada yang ganteng nyamperin, pasti cewek2 lain pada ikut berteduh disini. He he .. *gak nyambung*

Aryo Sanjaya mengatakan...

Dari 1 kata "blogwalking" bisa mengurai sedemikian banyak kata. Hebat, punya bakat menulis nih :)

Grammar, pemilihan kata, EYD, semuanya sudah bagus.

*jadi kayak sesi penilaian*

Salam kenal :)

reni mengatakan...

Yang pertama, surprise plus tersanjung banget namaku ada di sini.
Yang kedua, mbak Kuyus hebat bisa menguraikan satu tema dg asyik.
Tetap semangat ya mbak... Aku makin krasan aja berkunjung kesini.

uwiuw mengatakan...

wah maksih yah udah ngebahas blogwalkig disini heheh makasih :D

Dhe mengatakan...

buk!!!!

buat 1 buku dunk dengan judul "Blog Walking"

hehehehehe...
keren neh karyanya..

kcing the way...suka banget deh ama blog walkink..^^

Kavi BorLand mengatakan...

survey bu tentang bloger2 yang melakukan blog walking.. mereka sehari bisa walking berapa blog.. hehehe..

Kuyus is cute mengatakan...

@Mas Aryo:
Aduh aduh, aku jadi tersipu sipu. Padahal asli ... aku masih minderan banget mau nulis. Beraninya baru di blog. Itupun baru baru aja, setelah tertantang untuk menjadi lebih baik tahun 2009 ini. doakan aku bisa belajar banyak ya mas

@Mbak Reni:
Trims Mbak, masukannya ..
Mudah mudahan saya bisa belajar jadi lebih baik .. Kita semangat terus ya Mbak !!

@Uwiuw:
Sama sama ... semoga banyak gunanya ya?

@Dhe:
Dirimu emang rajin blog walking. Tetap semangat ya Dhe !!

@Mas Kavi:
Wah saya belum melakukan survey pasti. Tapi saya cenderung 5 blog setiap hari. Kecuali Saptu minggu .. he he break dulu, biar mata juga sehat, gak mandangin kompi melulu mas .. he he

Evet Hestara mengatakan...

Iwaaaww!!! Blognya mantep2 dah..hebat bgd..saya sendiri tidak bs mmbuat blog spt, butuh kkreatidan yg lebih T.T saya bingung templatenya T.T
Ayo join!